Kegagalan Para Politisi dalam Pemilihan Legislatif (PILEG) Tahun 2009

Suwandi Sumartias, Trie Damayanti

Abstract


Judul Penelitian “Kegagalan Para Politisi Dalam Pileg 2009”, Studi Fenomenologi tentang Para Politisi yang Gagal menjadi Caleg 2009 di Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung.

Penelitian bertujuan untuk mengetahui:Konstruksi makna peran diri para caleg yang gagal sebagai politisi dalam keluarga dan masyarakat; Motif yang mendorong para caleg untuk menjadi politisi; Makna kegagalan para politisi sebagai caleg. Metode yang digunakan melalui pendekatan kualitatif dengan tradisi fenomenologi. Informan kunci sebanyak 5 orang politisi yang gagal menjadi caleg DPRD Kabupaten Bandung yang berasal dari Wilayah Rancaekek.

Hasil Penelitian menunjukkan bahwa para informan menyadari benar tentang makna diri sebagai politisi, anggota keluarga dan masyarakat; motif utama yang muncul ke permukaan dari para informan untuk menjadi caleg adalah untuk menjadi anggota legislatif sebagai penyampai aspirasi rakyat dan ingin terlibat langsung dalam penentuan kebijakan dan UU yang mampu membawa perubahan bagi masyarakat yang dibinanya dan masyarakat pada umumnya. Kegagalan dalam pileg dianggap sesuatu yang biasa dan tidak harus mengalami stress, dan perlu diambil hikmah dan ditafakurinya.

Rekomendasi dalam penelitian ini, bahwa era reformasi seharusnya tidak dipahami dengan kompetisi untuk menjadi caleg semata, yang hanya berorientasi pada kepentingan praktis golongan atau individu. 


Keywords


politisi; pileg



DOI: https://doi.org/10.20422/jpk.v14i1.164

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Journal of Communication Research

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright © 2016 BPPKI Bandung