Strategi Komunikasi Komunitas Virtual dalam Mempromosikan Tangerang Melalui Media Sosial

Tanty Dewi Permassanty, Muntiani Muntiani

Abstract


Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi membuat jumlah pengguna internet semakin meningkat, termasuk di Indonesia.  Selain Facebook dan Twitter, media yang sangat populer dan tumbuh dengan cepat adalah Instagram.  Jejaring sosial Instagram menjadi pilihan beberapa kelompok dalam melakukan aktivitas promosi, salah satunya komunitas AboutTNG yaitu komunitas virtual yang memanfaatkan Instagram dalam mempromosikan Kota Tangerang.  Penelitian ini bertujuan mengetahui dan memahami strategi komunikasi komunitas AboutTNG dalam mempromosikan Tangerang melalui Instagram.  Penelitian ini menggunakan konsep komunitas virtual, promosi, dan teori strategi komunikasi Machmud Machfoedz dengan menganalisis strategi pesan dan strategi media.  Dalam hal ini, peneliti menggunakan paradigma konstruktivis dan metode studi kasus untuk memperoleh hasil secara mendalam.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pesan dan strategi media yang digunakan AboutTNG dalam mempromosikan Tangerang telah berhasil.  Hal ini terlihat dari kenaikan jumlah followers akun Instagram @abouttng yang signifikan dan efek pesan yang disampaikan telah mengubah tindakan followers, yaitu followers mau mengikuti event-event yang diselenggarakan @abouttng hingga mau mengunjungi tempat yang dipublikasikan, seperti wisata alam, wisata sejarah, kuliner, dan ikon kota di Tangerang.  Akun @abouttng mengembangkan beragam strategi pesan, mulai dari melakukan editing pada foto, menerapkan isi pesan, struktur, dan format pesan pada setiap konten yang diunggah, penulisan caption dengan berbagai cara kreatif, dan pengemasan pesan memanfaatkan fitur-fitur Instagram.


Keywords


strategi komunikasi; jejaring sosial; instagram; promosi; komunitas virtual AboutTNG

References


AboutTNG (2015) Tentang Kami - About Tangerang. [Online]. 2015. Available from: http://abouttng.com/tentang-kami/ [Accessed: 9 October 2016].

Ahmad, T.Y., Nursih, I. & Praceka, P.A. (2014) Pemanfaatan jejaring Sosial Soundcloud Sebagai Media promosi Band Indies Myviolaine Morning. [Online]. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Available from: http://repository.fisip-untirta.ac.id/387/ [Accessed: 9 October 2016].

Akbar, R.F. (2016) Strategi Komunikasi Media Sosial Dalam Program One Day One Juz. [Online]. UIN Syarif Hidayatullah. Available from: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/32342.

APJII (2016) Penetrasi dan Perilaku Pengguna Internet Indonesia 2016. [Online]. Available from: https://apjii.or.id/downfile/file/surveipenetrasiinternet2016.pdf.

Apriliani, N.N., Putri, Y.R. & Ali, D.S.F. (2015) Pengaruh Penggunaan Media Twitter @infobdg Terhadap Pengurangan Ketidakpastian Informasi (Survey pada Mahasiswa Angkatan 2014 Universitas Telkom). Jurnal Sosioteknologi. [Online] 14 (2), 160–169. Available from: doi:10.5614/sostek.itbj.2015.14.2.6.

Cangara, H. (2014) Perencanaan dan Strategi Komunikasi. Jakarta, Raja Grafindo Persada.

Gupta, S. & Kim, H.-W. (2004) Virtual Community: Concepts, Implications, and Future Research Directions. In: Proceedings of the Tenth Americas Conference on Information Systems. [Online]. 2004 New York. pp. 2679–2687. Available from: http://www.virtualcommunities.net/mediawiki/images/4/4a/SI

GEBZ05-1115.pdf [Accessed: 23 May 2017].

Hestya, R.P. (2013) Instagram ‘Penguasa Bisnis’ di Media Sosial. [Online]. 2013. Tempo.co. Available from: https://tekno.tempo.co/read/536145/instagram-penguasa-bisnis-di-media-sosial [Accessed: 9 October 2016].

Jones, A.T., Malczyk, A. & Beneke, J. (2011) Internet Marketing: A Highly Marketing Guide to Every Aspect of Internet Marketing. [Online]. GetSmarter Internet Marketing Textbook. Available from: https://open.uct.ac.za/handle/11427/4154.

Machfoedz, M. (2010) Komunikasi Pemasaran Modern. 1st edition. Yogyakarta, Cakra Ilmu.

Maryati, L. (2016) Strategi Komunikasi Penggunaan Twitter dalam Kegiatan Promosi Kuliner (Studi Kasus Strategi Komunikasi Penggunaan Media Sosial Twitter oleh Akun @TongkronganSolo dalam Kegiatan Promosi Kuliner di Kota Solo). [Online]. UNS (Sebelas Maret University). Available from: https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/51437/Strategi-Komunikasi-Penggunaan-Twitter-dalam-Kegiatan-Promosi-Kuliner-Studi-Kasus-Strategi-Komunikasi-Penggunaan-Media-Sosial-Twitter-oleh-Akun-TongkronganSolo-dalam-Kegiatan-Promosi-Kuliner-di-Kota-Solo [Accessed: 12 February 2017].

Morissan, M.A. (2010) Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta, Kencana Prenada Media Group.

Nasrullah, R. (2015) Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. 1st edition. Bandung, Simbiosa Rekatama Media.

Nasrullah, R. (2014) Teori dan Riset Media Siber (Cybermedia). 1st edition. Jakarta, Kencana Prenada Media Group.

Pambayun, E.L. (2013) One Stop: Qualitative Research Methodology in Communication: Konsep, Panduan, dan Aplikasi. TB. Massa Djafar (ed.). Jakarta, Lentera Ilmu Cendekia.

Rheingold, H. (1993) The Virtual Community: Homesteading on the Electronic Frontier. [Online]. Available from: http://www.rheingold.com/vc/book/intro.html.

Septiawan, A.R. (2015) Strategi Komunikasi Pemasaran Buku Dalam Meningkatkan Penjualan Melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif Pada Founder@ Tausiyahku_). UIN Sunan Kalijaga.

Utami, M.A., Lestari, M.T. & Putri, B.P.S. (2016) Strategi Komunikasi Pemasaran SMB Telkom University Tahun2015/2016 Melalui Media Sosial Instagram. Jurnal Sosioteknologi. [Online] 15 (2), 309–318. Available from: http://journals.itb.ac.id/index.php/sostek/article/view/2091/1533.

Yin, R.K. (2014) Studi Kasus: Desain dan Metode. 1st edition. Jakarta, Rajawali Pers.




DOI: https://doi.org/10.20422/jpk.v21i2.523

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Penelitian Komunikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright © 2016 BPPKI Bandung