Proses Public Relations Dalam Program Gerakan Pungut Sampah Pemerintah Kota Bandung

Susie Perbawasari, Diah Fatma Sjoraida, Vidia Ayu Lestari

Sari


Program GPS diluncurkan guna meningkatkan peran aktif masyarakat, menciptakan kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan, dan membangun budaya baru memungut sampah. Komunikasi dan penyampaian pesan program dilakukan melalui sosialisasi dan media sosial, twitter. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses PR (Public Relations) yang terdiri dari pengumpulan fakta dan perumusan masalah, perencanaan dan pemrograman, tindakan dan komunikasi, dan evaluasi pada program GPS yang dilakukan oleh penyelenggara. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumen. Pengumpulan fakta yang dilakukan oleh penyelenggara dimulai dengan mendengarkan komentar dan keluhan yang dikemukakan pihak eksternal, juga turun ke lapangan melihat langsung kondisi lingkungan Kota Bandung. Penyelenggara menyusun program meliputi pengenalan situasi, penetapan tujuan, definisi khalayak, pemilihan media dan teknik-teknik PR, serta perencanaan anggaran. Aksi yang dilakukan penyelenggara dalam program GPS adalah bertindak responsif dan bertanggung jawab, sementara komunikasi dalam program mencakup kredibilitas, konteks, isi, kejelasan, kontinuitas dan konsistensi, saluran, dan kapabilitas atau kemampuan audiens. Evaluasi yang dilakukan penyelenggara program mencakup evaluasi untuk pengambilan keputusan, evaluasi pencapaian tujuan, evaluasi atas hasil dan dampak dan evaluasi pelaksanaan


Kata Kunci


program; pungut sampah; lingkungan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Butterick, K. (2013). Pengantar Public Relations: Teori dan Praktek. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Cutlip, S. M., Center, A. H. and Broom, G. M. (2005). Effective Public Relations: Merancang dan Melaksanakan Kegiatan Dengan Sukses. 8th ed. Jakarta: Indeks.

Cutlip, S. M., Center, A. H. and Broom, G. M. (2009). Effective Public Relations. 9th ed. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Effendy, O. U. (2002). Hubungan Masyarakat: Suatu Studi Komunikologis. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Jefkins, F. (2004). Public Relations. 5th ed. Jakarta: Erlangga.

Lattimore, D., Baskin, O., Heiman, S. T., Toth, E. L. and Leuven, J. K. Van. (2004). Public Relations: The Profession and The Practice. 5th ed. New York: McGraw Hill.

Morissan, M. A. (2008). Manajemen Public Relations: Strategi Menjadi Humas Profesional. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Nazir, M. (2009). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Peraturan Daerah Kota Bandung Nomor 3 Tahun 2014. (2014). Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2013-2018. Bandung, Indonesia.

Puspasari, D. (2014). Kegiatan Corporate Social Responsibility Aston Bandung Hotel and Residence melalui Program Ramah Lingkungan. Universitas Padjadjaran.

Putri, A. E. (2013). Program Perahu Sapu Bersih Waduk Cirata di Desa Tegaldatar, Kecamatan Manis, Kabupaten Purwakarta. Universitas Padjadjaran.

Rakhmat, J. (2005). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ruslan, R. (2005). Kiat dan Strategi Kampanye Public Relations. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. (2013). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suriasumantri, J. S. (2003). Filsafat Ilmu: Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Venus, A. (2009). Manajemen Kampanye. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.20422/jpk.v19i2.59

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Copyright © 2016 BPPKI Bandung