Personal Branding Ria Ricis pada Media Sosial Instagram

Femilia Pertiwi, Irwansyah Irwansyah

Abstract


Perkembangan teknologi digital telah membuat perubahan besar pada banyak bidang, termasuk bidang pemasaran. Media digital dan internet menawarkan cara penyimpanan baru, menginformasikan, melibatkan, menjual, mempelajari serta menyediakan layanan kepada pelanggan dengan versi yang baru. Begitupun dengan salah satu konsep dalam komunikasi pemasaran yaitu personal branding. Personal branding adalah proses terencana orang dalam upaya memasarkan diri dengan menunjukkan keunggulan kompetitifnya. Proses ini meliputi fase membangun identitas merek, mengembangkan dengan mengomunikasikan merek dan mengevaluasi merek gambar untuk memenuhi tujuan pribadi dan profesional. Kemudian untuk mengefektifkan dan mengefisiensikan pembentukan personal branding, perlu melibatkan pemasaran digital dalam platform media sosial. Artikel ini membahas bagaimana membangun personal branding yang benar pada media sosial dengan studi kasus analisis seseorang yang sukses dalam membangun personal branding-nya yaitu Ria Ricis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan kombinasi meta-analisis literatur dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penting merencanakan personal branding dan media sosial dapat digunakan untuk membangun personal branding yang efektif yang mampu mengefisienkan usaha serta lebih mudah untuk menjangkau audiens dalam jumlah yang banyak.


Keywords


personal branding; komunikasi pemasaran; komunikasi digital; media sosial

References


Asur, S. & Huberman, B.A. (2010) Predicting the Future with Social Media. In: 2010 IEEE/WIC/ACM International Conference on Web Intelligence and Intelligent Agent Technology. [Online]. August 2010 IEEE. pp. 492–499. Available from: doi:10.1109/WI-IAT.2010.63.

Chaffey, D. & Ellis-Chadwick, F. (2019) Digital Marketing: Strategy, Implementation, and Practice. 7th edition. New York, Pearson.

Denzin, N.K. & Lincoln, Y.S. (2011) The SAGE Handbook of Qualitative Research. 4th edition. Norman K. Denzin & Yvonna S. Lincoln (eds.). Sage Publications.

Fill (2013) CIM Coursebook Marketing Communications 07/08. [Online]. Routledge. Available from: doi:10.4324/9780080561103.

Hootsuite (2019) MOST ACTIVE SOCIAL MEDIA PLATFORMS. 2019. Hootsuite.

Instagram (2019) Instagram Riaricis1795. 2019.

Katadata.co.id (2019) Berapa Pengguna Media Sosial Indonesia. [Online]. 2019. Available from: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/02/08/berapa-pengguna-media-sosial-indonesia.

Kotler, P. & Pfoertsch, W. (2006) B2B Brand Management. Springer Berlin Heidelberg.

Kotler, P., Saunders, J., Armstrong, G. & Wong, V. (1999) Principle of Marketing. 2nd edition. Prentice Hall Europe.

Labrecque, L.I., Markos, E. & Milne, G.R. (2011) Online Personal Branding: Processes, Challenges, and Implications. Journal of Interactive Marketing. [Online] 25 (1), 37–50. Available from: doi:10.1016/j.intmar.2010.09.002.

McNally, D. & Speak, K. (2010) Be Your Own Brand: Achieve More of What You Want by Being More of Who You Are. Berrett-Koehler Publishers.

Montoya, P. & Vandehey, T. (2002) The Personal Branding Phenomenon: Realize Greater Influence, Explosive Income Growth and Rapid Career Advancement by Applying the Branding Techniques of Michael, Martha & Oprah. Peter Montoya Incorporated.

Munzi, A. (2019) Ria Ricis dapat Rp 400 Juta Sebulan, Raditya Dika Tergeser dan Sebut Ria Curang Karena Lakukan Ini. Bangkapos.com. [Online] Available from: https://bangka.tribunnews.com/2019/01/17/ria-ricis-dapat-rp-400-juta-sebulan-raditya-dika-tergeser-dan-sebut-ria-curang-karena-lakukan-ini.

Neuman, W.L. (2017) Metodologi Penelitian Sosial: Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. 7th edition. Indeks.

Safko, L. & Brake, D.K. (2009) The Social Media Bible: Tactics, Tools, and Strategies for Business Success. New Jersey, John Wiley and Sons, Inc.

Setiawan, T.S. (2019) Diminta Balik ke YouTube, Ria Ricis: Enggak Semudah Itu. Kompas.com. [Online] July. Available from: https://sains.kompas.com/read/2019/07/28/183041310/diminta-balik-ke-youtube-ria-ricis-enggak-semudah-itu.

Tiago, M.T.P.M.B. & Veríssimo, J.M.C. (2014) Digital marketing and social media: Why bother? Business Horizons. [Online] 57 (6), 703–708. Available from: doi:10.1016/j.bushor.2014.07.002.

TribunSumsel.com (2018) Berhenti jadi Polisi Pilih Jadi Artis Kemudian Jualan Bubur Tak Disangka Nasib Pria ini Sekarang. 2018. Tribunnews.

Yasmin, A., Tasneem, S. & Fatema, K. (2015) Effectiveness of Digital Marketing in the Challenging Age: An Empirical Study. The International Journal of Management Science and Business Administration. [Online] 1 (5), 69–80. Available from: doi:10.18775/ijmsba.1849-5664-5419.2014.15.1006.

YouTube (2019) Ricis Official Youtube Channel. 2019.




DOI: https://doi.org/10.20422/jpk.v23i1.631

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Penelitian Komunikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright © 2019 BPSDMP Bandung