Mediatisasi Jasa Layanan Makanan Melalui Aplikasi GoFood dan GrabFood

Diyah Ayu Karunianingsih

Abstract


Teknologi bukan sekedar menjadi media komunikasi dan interaksi namun mampu mengubah perilaku sosial dan budaya dalam hal ini cara hidup masyarakat (way of life). Penelitian ini dilakukan untuk memahami fenomena perubahan perilaku sosial dan budaya (way of life) dengan adanya jasa layanan GoFood dan GrabFood serta alat pembayarannya. Penelitian dilakukan dengan pendekatan teori mediatisasi seperti yang disampaikan Hjarvard. Metode penelitian menggunakan pendekatan fenomenologi, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara kepada sepuluh pengguna aplikasi yang cukup intens menggunakan GoFood dan GrabFood sehingga dianggap sudah mewakili untuk memahami perubahan fenomena tersebut. Peneliti juga melakukan observasi partisipan untuk mengecek validitas data. Hasil penelitian diketahui bahwa terjadi perubahan perilaku, sosial, dan budaya (way of life) masyarakat dengan adanya GoFood dan GrabFood, yaitu: (1) perubahan relasi sosial masyarakat; (2) perubahan cara berkomunikasi dan berinteraksi masyarakat; (3) perubahan budaya transaksi pembayaran; (4) perubahan perilaku oleh aktor lain karena beradaptasi dengan sistem aplikasi GoFood/GrabFood; (5) perubahan masyarakat jenis baru. Dari penelitian tersebut juga diketahui bahwa melalui layanan GoFood/GrabFood dan alat pembayarannya Gopay/OVO, mampu menjadi institusi independen yang dengan logikanya sendiri mampu mendistribusikan sumber materi dan simbolik dengan berbagai menu makanan dalam bentuk gambar dan berbagai jenis voucer dan promo, membuat aturan formal dan nonformal yang mampu memaksa institusi lain untuk mengakomodasinya, dan media secara simultan menjadi bagian yang terintegrasi dengan institusi lain dalam hal ini sektor ekonomi.


Keywords


mediatisasi; logika media; globalisasi; e-commerce

References


Anindhita, W., Arisanty, M. & Rahmawati, D. (2016) ANALISIS PENERAPAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI TEPAT GUNA PADA BISNIS TRANSPORTASI OJEK ONLINE (Studi pada Bisnis Gojek dan Grab Bike dalam Penggunaan Teknologi Komuniasi Tepat Guna untuk Mengembangkan Bisnis Transportasi). In: Prosiding Seminar Nasional Indocompac. [Online]. 2016 Jakarta, Universitas Bakrie. pp. 712–729. Available from: http://journal.bakrie.ac.id/index.php/INDOCOMPAC/article/view/1638.

Aziah, A. & Adawia, P.R. (2018) Analisis Perkembangan Industri Transportasi Online di Era Inovasi Disruptif(Studi Kasus PT Gojek Indonesia). Cakrawala. [Online] 18 (2), 149–156. Available from: https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/cakrawala/article/view/4117.

Barker, C. (2011) Cultural Studies: Teori dan Praktek. Nurhadi (ed.). Bantul, Kreasi Wacana Offset.

Chan, A., Maharani, M. & Tresna, P.W. (2017) PERBANDINGAN PENGALAMAN PENGGUNA PADA APLIKASI MOBILE GO-JEK DAN GRAB (STUDI PADA KONSUMEN PT GO-JEK DAN PT GRAB INDONESIA DI DKI JAKARTA). AdBispreneur. [Online] 2 (2), 163–173. Available from: doi:10.24198/adbispreneur.v2i2.13183.

Esser, F. (2013) Mediatization as a Challenge: Media Logic Versus Political Logic. In: H Kriesi, Sandra Lavanex, Frank Esser, J Matthes, et al. (eds.). Democracy in the Age of Globalization and Mediatization. [Online]. London, Palgrave Macmillan UK. pp. 155–176. Available from: doi:10.1057/9781137299871_7.

Gojek (2019) Tentang Kami | Gojek. [Online]. 2019. Available from: https://www.gojek.com/about/ [Accessed: 18 September 2019].

Grab (2016) Grab Beta Launches Food Delivery Service, GrabFood, in Jakarta. [Online]. 2016. grab.com. Available from: https://www.grab.com/id/en/press/others/grab-luncurkan-layanan-pengantaran-makanan-grabfood-versi-beta-di-jakarta/ [Accessed: 18 September 2019].

Grab (2020) It started with a question. [Online]. 2020. grab.com. Available from: https://www.grab.com/id/en/brand-story/ [Accessed: 18 September 2019].

Hjarvard, S. (2013) The Mediatization of Culture and Society. [Online]. Routledge. Available from: doi:10.4324/9780203155363.

Kurnianti, A.W. (2017) Komunikasi Pemasaran Transportasi Online NGuberJEK. Jurnal Komunikasi dan Kajian Media. [Online] 1 (1), 69–84. Available from: https://jurnal.untidar.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/392.

McLuhan, M. (2002) The Medium is the Message. In: Kelly Askew & Richard R. Wilk (eds.). The Anthropology of Media: A Reader. Oxford, Blackwell. p.

Mumtaha, H.A. & Khoiri, H.A. (2019) Analisis Dampak Perkembangan Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0 Pada Perilaku Masyarakat Ekonomi (E-Commerce). JURNAL PILAR TEKNOLOGI : Jurnal Ilmiah Ilmu Ilmu Teknik. [Online] 4 (2), 55–60. Available from: doi:10.33319/piltek.v4i2.39.

Nugrahanto, P. (2015) GO-JEK Luncurkan Layanan Delivery Makanan GO-FOOD. [Online]. 2015. Techinasia. Available from: https://id.techinasia.com/gofood-gojek-layanan-delivery-makanan.

Rachmawati, F. (2017) Media dan Demokrasi di Era Global: Studi Dakwah Islam Kontemporer di Indonesia. Journal of Islamic Studies and Humanities. [Online] 2 (2), 157–173. Available from: https://journal.walisongo.ac.id/index.php/JISH/article/view/2521.

Swastika, G.L.D. (2018) Mediatisasi #stopfoodwaste: Studi Kasus pada Garda Pangan. Jurnal Ilmu Komunikasi AKRAB. [Online] 3, 413–436. Available from: http://ojs.akrb.ac.id/index.php/akrab/article/view/59/32.




DOI: https://doi.org/10.20422/jpk.v2i23.688

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Penelitian Komunikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright © 2019 BPSDMP Bandung