240 Gram Berapa Sendok Makan Gula, Tepung? Ini Jawabannya

Bppkibandung.id – Jumlah takaran bahan akan sangat berpengaruh terhadap suatu makanan. Jika kamu salah mengukur jumlah bahan makanan yang dibutuhkan pada suatu resep, maka jangan harap rasanya dapat sesuai dengan bayangan kita. Jadi, mari kita mencari tahu cara menghitung 240 gram berapa sendok makan.

Umumnya, resep-resep masakan akan menggunakan satuan gram untuk menjelaskan jumlah bahan makanan yang dibutuhkan. Namun, karena tidak semua orang memiliki timbangan masak di rumahnya, hal ini membuat sebagian orang merasa bingung ketika harus menghitung jumlahnya tersebut.

Sebenarnya satuan gram dapat diubah menjadi takaran sendok makan dengan sangat mudah, apabila kamu sudah tahu bagaimana cara untuk melakukannya. Takaran sendok makan akan lebih mudah dipahami dibanding satuan gram. Oleh karena itu, simak dengan baik cara menghitungnya berikut ini!

Cara Menghitung 240 Gram Berapa Sendok Makan

Beberapa orang mungkin lebih sering melihat hasil konversi 250 gram bahan makanan ke sendok makan, tapi tidak banyak orang yang pernah melihat hasil konversi 240 gram berapa sendok. Berapa pun jumlah gram yang dibutuhkan pada suatu resep, hal ini bisa dihitung dengan cara yang sama.

Baca Juga:  150 dm Berapa mm? Cara Hitung Cepat, Pembahasan, Contoh

Namun, sebelum membahas tentang caranya tersebut, kamu harus tahu bahwa setiap bahan makanan memiliki ukuran yang berbeda-beda. Misal 1 sendok makan terigu setara dengan 8 gram, 1 sendok makan garam setara dengan 18,2 gram, dan 1 sendok makan mentega setara dengan 14,20 gram.

Sekarang mari kita menghitung 240 gram berapa sendok makan yang sesuai dengan ukuran bahannya dan di antaranya adalah:

  • Tepung terigu = 240 gram / 8 gram = 30 sendok makan
  • Garam = 240 gram / 18,2 gram = 13,2 sendok makan
  • Mentega = 240 gram / 14,20 gram = 17 sendok makan

Ukuran Sendok Makan untuk Bahan Makanan Lainnya

Tepung terigu, tepung tapioka, tepung maizena, gula pasir, mentega, hingga gula merah sering ditulis dengan satuan gram pada buku resep. Maka dari itu, kamu juga perlu tahu ukuran sendok makan untuk bahan makanan lainnya seperti yang kami sebutkan di atas, yaitu:

  • 1 sendok makan gula pasir sama dengan 15 gram
  • 1 sendok makan gula halus sama dengan 12 gram
  • 1 sendok makan tepung maizena sama dengan 12 gram
  • 1 sendok makan tepung tapioka sama dengan 10 gram
  • 1 sendok makan bubuk coklat sama dengan 6 gram
Baca Juga:  180 mL Air Berapa Sendok Makan? Cara Menghitung Takarannya

Tidak hanya harus diketahui dan dipahami oleh orang-orang yang baru belajar masak, tapi cara menghitung satuan gram ke sendok makan ini juga harus dipahami kembali oleh orang-orang yang sudah sering masak. Sebab, tidak sedikit orang yang sering lupa tentang cara ini.

Dengan mengetahui cara mengubah satuan gram menjadi takaran sendok makan seperti ini, kamu bisa lebih menghemat waktu saat membaca buku resep. Sebab, kamu tidak akan bertanya-tanya lagi 240 gram bahan makanan itu setara dengan berapa sendok makan.