Knowledge Management dalam Pemerintahan Daerah

Didit Praditya

Abstract


Knowledge management di instansi daerah masih belum diterapkan dengan optimal. Oleh karena itu perlu adanya penelitian mengenai penerapan knowledge management di organisasi/instansi pemerintahan daerah. Masalah utama penelitian adalah bagaimana penerapan knowledge management di organisasi pemerintah daerah dan perbaikan apa yang harus dilakukan untuk meningkatkan penerapan knowledge management tersebut. Dengan mengidentifikasi knowledge process berorientasi proses bisnis, selanjutnya dilakukan pemodelan sistem knowledge management sesuai dengan knowledge domain organisasi, yang didukung oleh infrastruktur knowledge management. Hasil penelitian menunjukkan bagaimana penerapan knowledge management di organisasi pemerintahan daerah, faktor-faktor pendukung, dan kendala yang dihadapi, serta mendapatkan model penerapan knowledge management di organisasi pemerintahan daerah tersebut. Untuk selanjutnya, perbaikan atas kondisi penerapan knowledge management yang teridentifikasi, maupun penggunaan sistem knowledge management, dapat dijadikan acuan untuk meningkatkan penerapan knowledge management di organisasi daerah tersebut.


Keywords


knowledge management; organisasi pemerintah daerah; proses bisnis; sistem knowledge management

References


Kementerian PAN dan Reformasi Birokrasi. (2011). Pedoman Pelaksanaan

Program Manajemen Pengetahuan (Knowledge Management). Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negaradan Reformasi Birokrasi No. 14 Tahun 2011.

Peachey, Hall, & Cegielski. (2007) Knowledge Management Research: Are We Seeing the Whole Picture?. In: Jennex, Murray E. Knowledge Management in Modern Organizations. USA: Idea Group Inc, pp. 30-49

Strohmaier, Markus. (2003a) A Business Process oriented Approach for the Identification and Support of organizational Knowledge Processes. In Proceedings of the “4. Oldenburger Fachtagung Wissensmanagement, Potenziale – Konzepte – Werkzeuge“. University of Oldenburg.

Strohmaier, Markus. (2003b) Designing Business Process Oriented Knowledge Infrastructures. Know-Center Graz. Austria.

AllKM. (2011) Web Based Knowledge Management. Tersedia dalam

diakses 2 November 2011.

Global Value Chains Initiative. (2006) What is value chain.tersedia dalam

diakses 2 November 2011.




DOI: https://doi.org/10.20422/jpk.v15i2.711

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Penelitian Komunikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright © 2019 BPSDMP Bandung