Hegemoni Islam dalam Berita “Warteg Saeni”

Abie Besman, Aceng Abdullah, Lilis Puspitasari

Sari


Penelitian ini akan menganalisis Hegemoni Islam Dalam Berita “Saeni”, Analisis Wacana Teun A Van Dijk  Terhadap Pemberitaan Razia Warteg Saeni Di Akun Facebook Kompas TV, penelitian ini menggunakan analisis wacana dari Teun Adrianus Van Dijk. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pemahaman yang mendalam tentang wacana dalam pemberitaan mengenai “Warteg Saeni” di akun Facebook Kompas TV dan juga memperoleh pemahaman yang mendalam terhadap hegemoni Islam dalam berita mengenai “Warteg Saeni” di akun Facebook Kompas TV. Metode penelitian yang digunakan adalah Analisis Wacana Model Teun Adrianus Van Dijk dengan paradigma kualitatif – konstruktivisme.

Model Wacana Van Dijk mengamanatkan tiga langkah pengumpulan data dan analisis terhadap data Video yang diunggah oleh akun facebook Kompas TV sepanjang tanggal 10 Juni hingga 12 Juni 2016. Pemilihan batas waktu merupakan tenggat yang diambil sebelum terjadinya gerakan sosial sumbangan untuk Saeni, yang menjadi pemberitaan hangat sepanjang medio Juni 2016.

Penyebaran informasi secara massal atau viral yang terjadi pada pemberitaan Saeni menyebabkan terjadinya bias informasi dan juga pemahaman yang berbeda dari setiap facebooker atau netizen. Penelitian ini akan coba membedah pesan yang terkandung dalam video tersebut mulai dari teks, kognisi sosial hingga konteks sosial melalu analisis wacana dari Van Dijk


Kata Kunci


analisis wacana van Dijk; media sosial; Kompas TV; saeni

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anwar, A. (2010) Teori Sosial Sastra. M. Nursam (ed.). Yogyakarta, Ombak.

Eriyanto (2012) Analisis Wacana: Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta, PT. LKiS Printing Cemerlang.

H.T., F. (2010) Pengantar Sosiologi Sastra: Dari Strukturalisme Genetik sampai Post-modernisme. Rh. Widada (ed.). Yogyakarta, Pustaka Pelajar.

Harjito (2002) Student Hijo Karya Marco Kartodikromo: Analisis Hegemoni Gramscian. Universitas Gadjah Mada.

Heryanto, G.G. & Rumaru, S. (2013) Komunikasi Politik: Sebuah Pengantar. Jakarta, Ghalia Indonesia.

Juju, D. & MataMaya Studio (2009) Teknik Makeover Blogspot. Whindy Yoevestian (ed.). Jakarta, PT. Elex Media Komputindo.

Juju, D. & Sulianta, F. (2010) Hitam dan Putih Facebook. Jakarta, Elex Media Komputindo.

Junaedi, F. (2011) Komunikasi 2.0 Teoritisasi dan Implikasi. Yogyakarta, Mata Padi Pressindo.

Kompas TV (2016) No Title. [Online]. Available from: https://www.facebook.com/KompasTV/.

Pavlik, J.V. (1996) New Media Technology: Cultural and Commercial Perspectives. 2nd edition. Allyn and Bacon.

Tabroni, R. (2012) Komunikasi Politik Pada Era Multimedia. Bandung, Simbiosa Rekatama Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.20422/jpk.v20i1.145

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Copyright © 2016 BPPKI Bandung