Sistem Informasi Penilaian (SIP) Bdg Juara: Sebuah Inovasi Untuk Meningkatkan Pelayanan Publik

Susy Ella, Indra Risni Utami

Abstract


Perubahan paradigma dalam pelayanan publik menuntut pemerintah baik pusat maupun daerah untuk berinovasi. Selain itu, kebijakan mengenai pelayanan publik juga mewajibkan pemerintah untuk memberikan pelayanan publik yang berkualitas. Pemerintah Kota Bandung merupakan salah satu pemerintah daerah yang memiliki banyak inovasi pelayanan publik. Salah satu inovasi yang dikembangkan oleh Pemerintah Kota Bandung adalah SIP Bdg Juara. Inovasi ini adalah sebuah sistem informasi yang dibangun untuk menilai kinerja kecamatan dan kelurahan. Kinerja camat dan lurah diukur berdasarkan laporan kegiatan yang diunggah melalui aplikasi SIP Bdg Juara. Selain itu, masyarakat juga bisa memberi penilaian terhadap kinerja pelayanan publik di wilayahnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi program SIP Bdg Juara dan mengidentifikasi kelebihan, kekurangan, dan faktor kuncinya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data melalui studi literatur, observasi, dan studi lapangan (wawancara). Hasil penelitian menunjukkan bahwa SIP Bdg Juara mempermudah proses pelaporan dan pengawasan. Serta mendorong kecamatan dan kelurahan untuk meningkatkan kinerja pelayanan publik.

Keywords


sistem informasi penilaian; SIP Bdg juara; pelayanan publik; kecamatan; kelurahan

References


Bandung.Co (2015) Sistem Informasi Penilaian Bandung Online. [Online]. 2015. Bandung.Co. Available from: https://bandung.co/2015/07/sistem-informasi-penilaian-bandung-online/ [Accessed: 10 October 2017].

Bommert, B. (2010) Collaborative Innovation in the Public Sector. International Public Management Review. [Online] 11 (1), 15–33. Available from: http://journals.sfu.ca/ipmr/index.php/ipmr/article/view/73.

Bouhali, R., Mekdad, Y., Lebsir, H. & Ferkha, L. (2015) Leader Roles for Innovation: Strategic Thinking and Planning. Procedia - Social and Behavioral Sciences. [Online] 18172–78. Available from: doi:10.1016/j.sbspro.2015.04.867.

BPS Kota Bandung (2015) Jumlah Penduduk Menurut Kelompok Umur dan Jenis Kelamin di Kota Bandung Tahun 2015. [Online]. 2015. Available from: https://bandungkota.bps.go.id/linkTabelStatis/view/id/18 [Accessed: 20 June 2017].

Carayannis, E.G., Samara, E.T. & Bakouros, Y.L. (2015) Innovation and Entrepreneurship. Innovation, Technology, and Knowledge Management. [Online]. Cham, Springer International Publishing. Available from: doi:10.1007/978-3-319-11242-8.

Creswell, J.W. (2009) Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Thousand Oaks, California, Sage Publication.

Masnurdiansyah (2016) Ombudsman RI: Keluhan Buruknya Layanan Pemda Paling Tinggi. [Online]. 2016. detikNews. Available from: https://news.detik.com/berita-jawa-barat/d-3330136/ombudsman-ri-keluhan-buruknya-layanan-pemda-paling-tinggi [Accessed: 1 November 2017].

Mulgan, G. (2014) Innovation in the Public Sector How Can Public Organisations Better Create, Improve and Adapt? 2014. Nesta.

Pikiran Rakyat (2017) Yossi Irianto: Partisipasi Masyarakat Jadi Ciri Kota yang Maju. [Online]. 2017. Available from: http://www.pikiran-rakyat.com/bandung-raya/2017/09/16/yossi-irianto-partisipasi-masyarakat-jadi-ciri-kota-yang-maju-409571 [Accessed: 3 November 2017].

Rogers, E.M. (1983) Diffusion of Innovations. New York, Free Press.

Sagita, N.I. (2016) PARTISIPASI WARGA MASYARAKAT DALAM PENILAIAN KINERJA KECAMATAN DI KOTA BANDUNG. CosmoGov. [Online] 2 (2), 308–329. Available from: doi:10.24198/cosmogov.v2i2.10009.

Sengupta, J. (2014) Theory of Innovation. [Online]. Cham, Springer International Publishing. Available from: doi:10.1007/978-3-319-02183-6.

Suwarno, Y. (2008) Inovasi di Sektor Publik. Jakarta, STIA-LAN Press.

Tasrin, K. & Pratiwi (2017) Building Local Sustainable Innovation through Multi-Stakeholders Partnership Model (Case Study: Bandung City, Indonesia). In: 2017 EROPA General Assembly and Conference. 2017 Seoul, Eastern Regional Organization for Public Administration.

Tasrin, K. & Pratiwi (2016) Model Inovasi ‘Wisata Buku Sahabat Anak’ Dalam Rangka Meningkatkan Minat Baca Masyarakat Kabupaten Ciamis. Baban Sobandi (ed.). Bandung, Pusat Kajian dan Pendidikan dan Pelatihan Aparatur I Lembaga Administrasi Negara.

Utomo, T.W.W. (2017) Inovasi Harga Mati: Sebuah Pengantar Inovasi Administrasi Negara. Jakarta, Rajagrafindo Persada.

Wiseman, J. (2014) Innovations in Public Service Delivery: Can 311 Call Centers Improve Service Delivery? Lessons from New York and Chicago. [Online]. Available from: https://publications.iadb.org/bitstream/handle/11319/6765/ICS_DP_Can_311_Call_Centers_Improve_Service_Delivery final.pdf [Accessed: 11 October 2017].




DOI: https://doi.org/10.20422/jpk.v20i2.241

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Journal of Communication Research

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright © 2016 BPPKI Bandung