150 Gram Tepung Berapa Sendok Makan? Cara Hitung dan Rumus

Bppkibandung.id – Dalam dunia kuliner, tepung seringkali menjadi bahan utama dalam berbagai resep. Namun, kebanyakan resep menyajikan takaran tepung dalam satuan gram. Pertanyaannya, bagaimana cara mengetahui 150 gram tepung berapa sendok makan?

Pasalnya, sebagian besar orang lebih familiar dengan takaran sendok makan daripada satuan gram. Terutama ketika mereka tidak memiliki neraca atau sendok ukur. Oleh karena itu, penting untuk memahami cara mengonversi gram ke sendok makan agar proses memasak menjadi lebih praktis.

150 Gram Tepung Berapa Sendok Makan?

Setiap bahan masakan memiliki berat yang berbeda, sehingga konversi dari gram ke sendok makan dapat berbeda pula. Untuk mengonversi 150 gram ke sendok makan, kamu perlu mengetahui konversi setiap gram ke sendok makan.

Menurut informasi dari Baking Like a Chef, setiap 8 gram tepung terigu setara dengan satu sendok makan. Oleh karena itu, kamu dapat menggunakan rumus sederhana untuk menghitung sendok makan dalam 150 gram tepung, yaitu membaginya dengan 8 gram.

Baca Juga:  25 Kg Berapa Liter Gula Pasir? Ini Cara Konversi dan Jawabannya

Untuk memberikan gambaran yang lebih luas, berikut konversi beberapa jumlah gram tepung terigu ke dalam sendok makan:

  • 150 gram = 18,75 sendok makan
  • 200 gram = 25 sendok makan
  • 250 gram = 31,25 sendok makan
  • 300 gram = 37, 5 sendok makan

Meskipun penggunaan sendok sebagai takaran tidak bersifat baku, namun banyak digunakan karena dianggap lebih praktis dan efisien. Selain itu, metode ini lebih mempersingkat waktu dibandingkan dengan menggunakan neraca atau timbangan.

Berbagai Konversi pada Jenis Tepung

Selain mencari tahu cara menghitung 150 gram tepung berapa sendok makan, tak sedikit juga yang mungkin bertanya konversi untuk berbagai jenis tepung lainnya. Oleh karena itu, ikuti penjelasan selengkapnya di bawah ini:

1. Tepung Kanji (Tapioka)

Dalam satu sendok tepung tapioka berisi 15 gram. Jadi, untuk mengonversi 150 gram ke dalam sendok makan, dapat membaginya dengan 15 gram. Sehingga hasil yang didapatkan adalah 10 sendok makan.

2. Tepung Jagung (Maizena)

Pada tepung maizena, 1 sendok makan setara dengan 12 gram. Dengan demikian, 150 gram tepung maizena dapat dibagi menjadi 12 gram, sehingga hasilnya adalah 12,5 sendok makan. Perhitungan ini juga dapat diterapkan pada tepung beras dan tepung singkong.

Baca Juga:  5 Liter Berapa Kg? Rumus, Cara Hitung dan Contoh Soal

3. Tepung Ketan

Selanjutnya, tepung ketan memiliki massa yang berbeda. Dalam 1 sendok makan tepung ketan, terdapat 5 gram. Sehingga, ketika 150 gram dikonversi menjadi sendok makan, hasilnya adalah 30 sendok makan.

Beberapa resep membutuhkan tingkat presisi dalam pengukuran bahan. Dalam hal ini, mengetahui konversi gram tepung ke dalam sendok makan, dapat memastikan takaran yang akurat. Sehingga, makanan yang dihasilkan konsisten.

Demikian penjelasan untuk menjawab pertanyaan 150 gram tepung berapa sendok makan, yang seringkali membingungkan saat mengikuti resep masakan. Dengan informasi di atas, kini kamu dapat dengan mudah dan praktis mengukur berbagai jenis tepung menggunakan sendok makan!