400 Ml Berapa Sendok Makan? Cara Hitung dengan Cepat

Bppkibandung.id – Jika satuan gram lebih sering muncul pada buku resep, untuk satuan mililiter (ml) lebih sering muncul pada kemasan obat. Meski begitu, kedua jenis satuan ini tetap harus dipahami dengan baik. Orang-orang perlu tahu jawaban dari 400 ml berapa sendok makan, agar mereka tidak salah mengukurnya.

Namun, sebenarnya hasil ukuran 400 ml ke sendok makan bisa berubah-ubah tergantung ukuran sendok yang sedang dipakai. Jika sendok makan yang dipakai berukuran standar, maka kamu bisa memakai perhitungan umum yang akan kami bahas di sini, tapi beda lagi jika ukuran sendoknya kecil.

Ukuran sendok sangat memengaruhi hasil takaran dari ml ke sendok makan. Maka dari itu, salah satu tips yang harus dilakukan sebelum mengukur bahan makanan atau obat-obatan dari ml ke sendok makan adalah memastikan bahwa sendok makan yang dipakai sudah berukuran standar.

Cara Menghitung 400 Ml Berapa Sendok Makan

Meski satuan ml lebih sering muncul pada kemasan obat sirup, tapi satuan ini juga sering muncul pada buku resep untuk menjelaskan jumlah bahan makanan cair yang dibutuhkan. Sebagai contoh, 400 ml air untuk memasak puding coklat. Lalu, sebenarnya 400 ml air berapa sendok makan?

Baca Juga:  1000 mL Berapa Kg? Cara Menghitung dan Rumus Konversi

Penting untuk banyak orang tahu bahwa sebenarnya 1 sendok makan setara dengan 15 ml, sehingga pertanyaan di atas bisa dihitung dengan menggunakan rumus 400 ml / 15 ml = 26,75 sendok makan. Dengan mengetahui cara ini, kamu bisa lebih mudah untuk menghitung jumlah takaran lainnya.

Jika 1 sendok makan setara dengan 15 ml, hal ini berbeda dengan 1 sendok teh yang setara dengan 5 ml. Jadi, jika di dalam kemasan obat dan buku resep terdapat angka 10 ml dan 5 ml, maka kamu lebih disarankan untuk menggunakan sendok teh dibanding sendok makan yang lebih besar.

Cara Menghitung 400 ML Berapa Gelas Ukur

Tidak hanya cara menghitung 400 ml berapa sendok makan saja yang harus diketahui banyak orang, tapi cara menghitung 400 ml berapa gelas ukur juga harus kamu ketahui, dan caranya adalah:

1. 400 Ml Berapa Gelas Plastik

Salah satu jenis gelas ukur yang sering dipakai orang-orang Indonesia untuk mengukur satuan ml adalah gelas plastik. Rata-rata ukuran gelas plastik yang bisa dipakai untuk mengukur bahan makanan adalah 220 ml, sehingga untuk menghitungnya gunakan rumus 400 ml / 220 ml = 1,8 gelas plastik.

Baca Juga:  2 Liter Berapa Mililiter? Cara Menghitung dan Satuan Volume

2. 400 Ml Berapa Gelas Belimbing

Selain gelas plastik, gelas belimbing juga sering dipakai untuk menghitung jumlah bahan yang dibutuhkan. Rata-rata ukuran gelas belimbing sendiri adalah 250 ml, sehingga kamu bisa menghitungnya dengan cara 400 ml / 250 ml = 1,6 gelas belimbing.

Informasi terkait 400 ml berapa sendok makan dan gelas ukur ini memang harus diketahui oleh semua orang. Sebab, satuan ml tidak hanya sering muncul di buku resep saja, tapi juga bisa muncul pada takaran obat yang harus dikonsumsi.