100 Gram Sama dengan Berapa Sendok Makan? Ini Jawabannya

Bppkibandung.id – Sebagian orang masih sering merasa bingung untuk menghitung 100 gram sama dengan berapa sendok makan. Sebab, mereka belum tahu bagaimana cara menghitungnya yang benar. Padahal, jumlah takaran bahan makanan seperti ini harus diperhatikan dengan baik agar rasanya tetap enak.

Satuan gram memang lebih sering digunakan pada buku resep dibanding sendok makan. Namun, kamu bisa mengubahnya sendiri dengan menggunakan cara yang tepat. Sebelum itu, penting untuk banyak orang tahu bahwa sebenarnya setiap bahan makanan memiliki takaran yang berbeda.

Misal 1 sendok makan tepung terigu setara dengan 8 gram, 1 sendok makan gula pasir setara dengan 15 gram, dan hal-hal seperti ini lainnya harus diketahui sebelum kamu menghitung 100 gram tepung terigu sama dengan berapa sendok makan. Untuk lebih jelasnya, berikut pembahasan lengkapnya!

100 Gram Sama dengan Berapa Sendok Makan?

Biasanya, orang-orang yang tidak punya timbangan di rumah akan lebih suka mencari tahu hitungan gram ke sendok makan melalui internet. Setelah itu, mereka bisa mencatat dan menghafal jawaban dari pertanyaannya itu, tak terkecuali saat mereka mempertanyakan 100 gram berapa sendok makan.

Baca Juga:  8 oz Berapa mL? Cara Menghitung dan Konversi Oz-mL

Sebenarnya, ukuran gram yang besar seperti ini lebih mudah untuk dihitung menjadi takaran sendok makan dibanding ukuran gram yang kecil atau di bawah 10 gram. Sebab, rata-rata hitungannya adalah 1 sendok makan setara dengan 15 gram, sehingga nanti kamu bisa menghitungnya lebih mudah.

Satuan standar 100 gram gula pasir setara dengan 6,66 sendok makan, karena 1 sendok makan gula pasir sama dengan 15 gram. Jadi, hitung dengan cara 100 gram / 15 gram = 6,66 sendok makan. Sedangkan untuk 100 gram terigu adalah 12,5 sendok makan, karena 100 gram / 8 gram = 12,5 sdm.

Tips Menggunakan Takaran Sendok Makan

Saat menghitung takaran gram dalam sendok makan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu:

1. Ratakan Bagian Permukaannya

Ketika mengukur bahan makanan seperti tepung terigu, tepung tapioka, dan gula pasir dengan menggunakan sendok makan, pastikan kamu meratakan bagian permukaannya. Dengan begitu, hasilnya bisa lebih akurat.

2. Gunakan Sendok Berukuran Standar

Sebenarnya ukuran sendok makan sendiri tidak sama semua, sehingga hal ini sering membuat konversi gram ke sendok makan cenderung relatif. Maka dari itu, salah satu saran yang perlu dilakukan adalah gunakan sendok makan berukuran standar.

Baca Juga:  400 Gram Berapa Sendok Makan? Cara Konversi dan Contoh Soal

3. Aduk Terlebih Dahulu Tepung yang Ada di Wadah

Tepung yang sudah lama tersimpan di dalam wadah akan lebih mudah menggumpal. Maka dari itu, sebelum mengukurnya dengan menggunakan sendok makan, kamu harus mengaduknya terlebih dahulu, agar tidak ada yang menggumpal.

Karena sekarang kamu sudah tahu 100 gram sama dengan berapa sendok makan, jadi kamu tidak akan salah lagi saat menghitungnya. Catat dan ingat dengan baik penjelasan di atas, agar kamu tidak perlu menghitungnya lagi saat hendak memasak.