1 Gram Berapa mL? Cara Menghitung dengan Rumus Konversi

Bppkibandung.id – Satuan gr dan ml sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari untuk menyatakan berat dari suatu bahan makanan. Kedua satuan tersebut sebenarnya memiliki ukuran yang sama namun dengan adanya perbedaan massa jenis membuat takaran 1 gram berapa ml hasilnya tidak selalu sama.

Penggunaan satuan gram (gr) umumnya untuk mengukur bahan makanan yang sifatnya padat, seperti tepung terigu, daging, garam, gula dan lain sebagainya. Sedangkan untuk bahan-bahan yang sifatnya cair untuk menyatakan takarannya bisa menggunakan mililiter (ml).

Namun bukan berarti hal tersebut selalu digunakan oleh semua orang. Terkadang sering juga ditemui beberapa resep makanan yang mencantumkan takaran tidak sesuai berdasarkan jenis bahannya. Hal ini yang membuat orang menjadi bingung untuk menghitung takarannya.

Bagaimana Cara Menghitung 1 Gram Berapa Ml?

Gram dan mili secara sistematis sebenarnya memiliki ukuran yang sama, jadi dalam 1 gram mempunyai volume sebanyak 1 ml. Namun hal ini tidak bisa juga diterapkan ke dalam semua jenis bahan, pasalnya masing-masing zat mempunyai massa jenis yang berbeda.

Baca Juga:  Konversi 50 ml Berapa Sendok Makan dan Contoh Soalnya

Sama halnya dengan zat yang bersifat padat dan cair. Oleh sebab itu, dalam 1 gram zat tertentu mungkin saja nilainya tidak selalu memiliki ukuran yang setara dengan 1 ml.

Cara mengkonversi nilai takaran suatu zat dari gram ke ml bisa dilakukan dengan membaginya dengan massa jenis (g/ml) dari bahan tersebut. Namun dalam perhitungan pengukuran konversi ini, kepadatan benda juga perlu untuk diperhitungkan.

Karena kepadatan setiap benda bisa berbeda-beda dan dapat berpengaruh terhadap ukuran beratnya. Contohnya yaitu gula dengan takaran 150 ml belum tentu memiliki nilai kepadatan yang sama dengan madu yang memiliki berat yang sama.

Jadi untuk menghitung konversi dari satuan tersebut, bisa menggunakan rumusnya yaitu:

Untuk lebih jelasnya, maka bisa simak contoh soal berikut ini:

Lia ingin mengubah 1 gr ragi menjadi ml. Adapun nilai dari kepadatan ragi adalah 0,95 g/ml. Dari pernyataan tersebut maka cara untuk menghitungnya adalah:

ml = 1 gr / 0,95 (gr/ml)

ml = 1,05 ml

Macam-Macam Konversi dari Gram ke Ml

Sebelumnya sudah disebutkan bahwa nilai dari 1 gram berapa ml tergantung dari jenis bahan yang digunakan. Sebagai tambahan informasi, berikut ini merupakan beberapa hasil konversi dari gram ke ml untuk bahan tepung, air dan susu.

  • 10 gram = 18, 9 ml tepung = 10 ml air = 9,66 ml susu
  • 50 gram = 76 ml tepung = 50 ml air = 48 ml susu
  • 80 gram = 151 ml tepung = 80 ml air = 77 ml susu
  • 100 gram = 189 ml tepung = 100 ml air = 97 ml susu
Baca Juga:  100 ml Berapa Sendok Makan? Cara Menghitung dan Konversinya

Konversi 1 gram berapa ml untuk setiap jenis bahan yang digunakan berbeda-beda. Hal ini dikarenakan adanya perbedaan massa jenis dari bahan tersebut yang berpengaruh terhadap hasil pengukuran.