50 Gram Berapa mL? Cara Menghitung dan Konsepnya

Bppkibandung.id – Dalam ilmu pengetahuan, masak-memasak, dan pengukuran bahan kimia, sering kali dihadapkan pada pertanyaan seputar konversi seperti 50 gram berapa mL, yaitu antara massa (gram) dan volume (mililiter). Pada konteks ini, densitas adalah konsep yang memainkan peran kunci untuk menghubungkan keduanya.

Saat ingin melakukan konversi gram ke mL, maka akan diketahui adanya hubungan antara volume, massa, dan densitas. Hubungan ketiganya sangat penting diketahui apabila kamu ingin menghitung nilai konversi dari gram ke mililiter.

Konsep Penting dalam Konversi Gram ke mL

Densitas (D) adalah satuan yang menyatakan seberapa padat suatu zat dalam hal massa per unit volume. Densitas memiliki satuan, misalnya gram per mililiter (g/mL) atau kilogram per meter kubik (kg/m³). Sementara itu, massa (m) merupakan jumlah bahan yang ada dalam suatu objek (gram atau kilogram).

Baca Juga:  400 Gram Berapa Sendok Makan? Cara Konversi dan Contoh Soal

Di sisi lain, volume (V) adalah ruang yang ditempati oleh suatu objek atau zat. Volume diukur dalam satuan liter (L), mililiter (mL), atau meter kubik (m³). Dengan demikian, hubungan antara ketiganya dapat diuraikan sebagai berikut:

  • Densitas dan Massa: semakin besar massa suatu objek atau substansi, semakin tinggi densitasnya jika volume tetap. Semakin kecil massa suatu objek atau substansi, semakin rendah densitasnya jika volume tetap.
  • Densitas dan Volume: semakin besar volume suatu objek atau substansi, semakin rendah densitasnya jika massa tetap. Semakin kecil volume suatu objek atau substansi, semakin tinggi densitasnya jika massa tetap.
  • Massa dan Volume: massa suatu objek atau substansi dapat dihitung sebagai hasil dari mengalikan densitas dengan volume: m = D x V. Volume suatu objek atau substansi dapat dihitung sebagai hasil dari membagi massa dengan densitas: V = m / D.

Jawaban dari 50 Gram Berapa mL

Ketika memiliki suatu massa, misalnya, 50 gram, dan ingin mengetahui volumenya dalam satuan mililiter, maka memerlukan informasi tentang densitas bahan yang bersangkutan. Sebab, rumus konversi untuk 50 gram berapa mL adalah Volume = Massa dibagi Densitas.

Baca Juga:  Jawaban 500 mL Berapa Gelas Air dan Cara Hitungnya

1. Cara Menjawab

Apabila seorang koki membutuhkan 50 gram gula untuk sausnya. Lalu, densitas gula siram yang digunakan adalah 1,2 g/mL. Maka, 50 g berapa mL untuk bahan gula tersebut?

Pembahasan:

  • Volume = Massa / Densitas
  • Volume = 50 gram / 1,2 g/mL = 41,67 mL

2. Contoh Soal 1

Seorang ahli farmasi harus memberikan dosis 70 gram sirup obat kepada pasien. Jika densitas sirup obat tersebut adalah 0,9 g/mL, berapa volume sirup yang harus diberikan?

Pembahasan:

  • Volume = Massa / Densitas
  • Volume = 70 gram / 0,9 g/mL = 77,78 mL

3. Contoh Soal 2

Peneliti kimia memiliki 50 gram larutan garam. Jika densitas larutan garam tersebut adalah 1,5 g/mL, berapa volume larutan garam tersebut?

Pembahasan:

  • Volume = Massa / Densitas
  • Volume = 50 gram / 1,5 g/mL = 33,33 mL

Melalui contoh-contoh soal di atas, dapat diketahui bahwa hasil dari 50 gram berapa mL sangat bergantung pada nilai densitas. Jadi, diperlukan kehati-hatian dalam menghitung apabila densitasnya belum diketahui. Artinya, kamu perlu menghafal densitas dari setiap zat cair jika tidak ada di soal.

Baca Juga:  22 Oz Berapa mL? Cara Menghitung dan Konversinya