1 Cth Berapa mL? Cara Menghitung dan Arti Satuan Cth

Bppkibandung.id – Berbagai alat ukur untuk bahan cair bisa ditemukan dengan mudah di sekitarmu. Bahkan beberapa alat ukur sangat sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Tapi ada juga yang jarang ditemukan dalam kehidupan setiap hari, misalnya cth. Kalau begitu, 1 cth berapa mL?

Sebelumnya, kamu perlu mencari tahu dulu apa sebenarnya kepanjangan dan maksud dari cth. Kata cth sering digunakan oleh dokter saat menulis resep. Cth atau c merupakan takaran yang sebenarnya kurang lazim digunakan di Indonesia. Lalu, kenapa takaran ini masih bisa ditemui di Indonesia?

Penggunaan Cth Sebagai Takaran Obat

Kadang, membaca dosis obat yang bervariasi bisa membingungkan. Tapi, kamu perlu mengetahui takaran yang tepat agar bisa mengonsumsi obat dengan benar. Karena takaran obat yang bervariasi, kamu perlu mencoba memahami takaran yang dianjurkan oleh dokter.

Salah satu takaran obat adalah cth yang diambil dari bahasa latin, yaitu cochlear theae. Takaran ini bisa diartikan sebagai sendok teh dalam bahasa Indonesia. Singkatan lain yang juga sering digunakan adalah C. Takaran C atau cochlear cibarium merupakan takaran sendok makan.

Baca Juga:  200 mL Air Berapa Sendok Makan? Ini Cara Hitungnya

Selain cth, ada lagi takaran lain yang sering digunakan oleh dokter, misalnya cp atau cochlear parvum/pultis yang artinya setara dengan sendok bubur. Takaran ini tentu lebih besar dibandingkan dengan cth. Lalu, berapa mL-kah takaran 1 cth itu?

Takaran 1 Cth Berapa mL?

Setelah tahu bahwa cth merupakan istilah untuk sendok teh, banyak orang di Indonesia bisa langsung mengkonsumsi obat karena di rumah sudah tersedia sendok teh. Tapi, kalau kamu tidak bisa menemukan sendok teh, bagaimana caranya minum obat dengan takaran yang tepat.

Rata-rata takaran sendok teh atau cth adalah 5 mL atau 5 cc. Jadi, kalau tidak ada sendok teh untuk minum obat, coba cari alat ukur lain yang bisa menakar obat cair dengan takaran 5 mL. Ukuran 1 cth berapa mL sudah terjawab, bagaimana kalau takarannya tidak 1 cth?

Berdasarkan informasi bahwa 1 cth sama dengan 5 mL atau 5 cc, maka takaran cth lainnya bisa diketahui jumlahnya, yaitu

  • Takaran ½ cth sama dengan setengah sendok teh atau sekitar 2,5 mL.
  • Takaran ¼ cth sama dengan ¼ sendok teh atau kurang lebih 1,25 mL.
Baca Juga:  6 Gram Berapa Sendok Makan? Cara Menghitung & Jawaban

Takaran lain yang mungkin ingin kamu ketahui adalah 1 cp yang setara dengan 1 sendok bubur atau 8 mL. Dan untuk takaran 1 c sama dengan 1 sendok makan, yaitu kurang lebih 15 mL. Sekarang, kamu bisa minum obat cair dengan takaran yang tepat.

Mengetahui 1 cth berapa mL merupakan langkah yang sangat penting, khususnya jika dokter tidak menjelaskan takaran yang jelas untuk obat sirup yang harus kamu konsumsi. Selain takaran cth, ada juga takaran lain seperti cp dan c. Pahami semuanya agar bisa minum obat dengan tepat.