75 mL Berapa Gelas? Cara Mengukur Sesuai Ukuran Gelas

Bppkibandung.id – Ada banyak sekali alat ukur tidak baku yang digunakan di Indonesia. Gelas dan cangkir merupakan salah satunya. Tidak heran kalau ada warga Indonesia yang bertanya 75 mL berapa gelas. Gelas memang terkenal sebagai alat ukur dadakan yang bisa dijumpai dengan mudah di dapur.

Tapi, gelas biasa tidak punya petunjuk angka yang bisa memudahkan proses pengukuran bahan cair. Agar tidak melakukan kesalahan saat menakar bahan cair dengan menggunakan gelas biasa, sebaiknya cari tahu dulu kapasitas gelas yang akan kamu pakai.

Berbagai Jenis Gelas dengan Kapasitas yang Bervariasi

Setiap jenis gelas punya kapasitas yang berbeda-beda. Yang terkecil adalah cangkir kecil berbahan keramik yang sering digunakan untuk membuat kopi hitam. Dan yang paling besar adalah gelas plastik dengan gagang dari merk terkenal yang kapasitasnya mencapai setengah liter.

Diantara sekian banyak jenis gelas, beberapa diantaranya sangat mudah ditemukan di dapur Indonesia. Di bawah ini beberapa jenis gelas dengan berbagai kapasitas yang bisa kamu temukan dengan mudah dan bisa dimanfaatkan sebagai alat takaran air sementara.

  • Cangkir kopi berbahan keramik dengan kapasitas 180 mL.
  • Cangkir besar berbahan keramik dengan kapasitas 250 mL.
  • Gelas belimbing yang kapasitasnya 250 mL.
  • Gelas cendol atau gelas kelapa muda dengan kapasitas 400 mL.
  • Cangkir plastik dari merk tertentu dengan kapasitas 500 mL.
Baca Juga:  30 Gram Berapa Sendok Makan? Ini Cara Hitung Takarannya

Mengukur 75 mL Berapa Gelas

Bagi yang ingin menggunakan gelas di dapur sebagai alat ukur bahan cair sementara, pilih salah satu gelas dan gunakan gelas yang sama setiap kali akan menakar bahan cair. Selanjutnya, ketahui kapasitas gelas tersebut agar bisa mengukur bahan cair dengan tepat.

Rumus yang digunakan untuk menentukan berapa gelas yang diperlukan untuk bahan cair dengan volume 75 mL adalah volume yang diketahui dibagi dengan kapasitas gelas. langsung saja cermati rumus dan contoh perhitungannya di bawah ini.

  • Jika kamu akan memakai cangkir kopi sebagai alat ukur bahan cair, maka rumusnya adalah 75:180 karena kapasitas cangkir tersebut adalah 180 mL. Hasilnya adalah 0,4167 cangkir atau hampir setengah cangkir.
  • Lalu, 75 mL berapa gelas belimbing? Gelas belimbing punya kapasitas 250 mL, jadi untuk mengetahui takaran 75 mL, rumusnya adalah 75:250. Hasilnya, 75 mL setara dengan 0,3 gelas belimbing.
  • Kalau kamu menggunakan gelas cendol sebagai alat ukur untuk bahan cair, rumusnya adalah 75:400, yaitu 0,1875 gelas. Jadi, 75 mL kurang lebih sama dengan 0,1875 gelas cendol.
  • Dan kalau kamu memakai gelas plastik yang kapasitasnya 500 mL, maka 75 mL akan sama dengan 0,15 gelas.
Baca Juga:  50 cc berapa mL? Hubungan cc-mL, Cara Hitung, Pembahasan

Untuk mengetahui 75 mL berapa gelas, langkah penting yang wajib dilakukan adalah mengetahui kapasitas gelas terlebih dahulu. Selanjutnya, kamu bisa mencari tahu dengan menggunakan rumus untuk menentukan seberapa banyak cairan yang diperlukan dengan kapasitas gelas yang berbeda.