350 mL Berapa Gelas Besar, Belimbing & Plastik? Ini Jawabannya

Bppkibandung.id – Di Indonesia, ada dua jenis satuan yang sering digunakan. Yang pertama adalah satuan baku yang telah ditetapkan secara umum, misalnya mL, cc, liter, dan sebagainya. Tapi ada juga satuan tidak baku seperti gayung, cangkir, gelas, dan sebagainya. Kalau begitu, 350 mL berapa gelas?

Pertanyaan ini cukup membingungkan karena di Indonesia jenis gelas sangat bervariasi. Perbedaan gelas yang digunakan sebagai alat takar akan menghasilkan ukuran atau takaran yang berbeda. Lalu bagaimana caranya mengetahui berapa gelas yang dibutuhkan untuk cairan sebanyak 350 mL?

Menghitung Volume 350 mL Berapa Gelas

Seperti yang disinggung sebelumnya, jenis gelas di Indonesia sangat bervariasi. Sebelum mengkonversi satuan baku menjadi tidak baku, sebaiknya cari tahu dulu kapasitas gelas yang akan digunakan sebagai alat ukurnya. Berikut ini beberapa gelas yang sering digunakan di Indonesia.

  • Gelas kaca besar mempunyai kapasitas 400 mL.
  • Gelas belimbing berukuran lebih kecil, dengan kapasitas 250 mL.
  • Ada juga gelas plastik yang merupakan kemasan air mineral, dengan kapasitas 220 mL.
  • Cangkir keramik dengan gagang mempunyai kapasitas 250 mL.
Baca Juga:  400 mL Berapa Gelas? Cara Hitung Sesuai Volume Gelas

Masih banyak lagi jenis gelas yang digunakan di Indonesia, tapi 4 jenis gelas di atas adalah yang paling sering digunakan sebagai alat ukur atau alat takar di dapur. Kalau kamu ingin menggunakan cairan sebanyak 350 mL, berapa gelas yang harus kamu gunakan?

Metode Pengukuran 350 mL Berapa gelas

Jika tidak ada keterangan jelas tentang jenis gelas yang akan digunakan, maka kamu perlu mengetahui beberapa metode untuk mengukur cairan sebanyak 350 mL dengan menggunakan beberapa jenis gelas. Berikut ini contoh cara menghitung cairan sebanyak 350 mL dengan gelas.

  • Jika menggunakan gelas kaca yang ukurannya besar, maka cara menghitungnya adalah 350:400. Hasilnya adalah 0,875 gelas besar atau 7/8 gelas.
  • Kalau yang digunakan adalah gelas belimbing, maka cara menghitungnya adalah 350:250 sehingga hasilnya adalah 1,4 gelas belimbing. Karena cangkir punya kapasitas yang sama, yaitu 250 mL, maka jumlah cairan dari cangkir sama dengan jumlah cairan gelas belimbing.
  • Tapi kalau kamu akan menggunakan gelas kecil plastik bekas kemasan air mineral, maka cairan yang dibutuhkan adalah 350:220, yaitu 1,59 gelas plastik.
Baca Juga:  200 mL Berapa Liter? Cara Menghitung dan Konversinya

Jenis gelas yang lain juga bisa digunakan sebagai alat ukur tidak baku. Tapi sebelum menggunakan gelas tersebut, kamu harus tahu dulu kapasitas gelas. Setelah itu, gunakan rumus volume:kapasitas gelas untuk menemukan berapa gelas cairan yang dibutuhkan untuk mendapatkan volume tertentu.

Misalnya, kalau kapasitas gelas yang kamu pakai adalah 500 mL, maka untuk mendapatkan cairan sebanyak 350 mL, kamu hanya membutuhkan 350:500 atau 0,7 gelas saja.

Untuk mengetahui 350 mL berapa gelas, kamu perlu tahu dulu jenis gelas yang akan dipakai dan kapasitas gelas tersebut. Selanjutnya, gunakan rumus yang sudah dijelaskan di atas untuk mencari tahu berapa gelas yang diperlukan untuk mendapatkan cairan dengan volume 350 mL.