1 Ons Berapa Gram? Cara Hitung dan Jawabannya

Bppkibandung.id – Apakah kamu sering mendengar satuan berat ons? Yap! Ons memang menjadi salah satu satuan berat yang paling sering digunakan di Indonesia. Sayangnya, satuan ini ternyata tidak ada dalam tangga satuan berat. Lantas, 1 ons berapa gram? Sebelum menjawabnya, yuk pahami dulu istilahnya.

Sebenarnya, istilah ons sebagai satuan berat tidak hanya digunakan di Indonesia saja. Dalam aturan internasional, ons juga kerap digunakan sebagai satuan berat. Sayangnya, perhitungan ons Indonesia dengan internasional sangat jauh berbeda. Karena itulah, kamu harus berhati-hati, ya!

Perbedaan aturan konversi ini ternyata disebabkan karena catatan sejarah. Indonesia sebagai negara bekas jajahan Belanda selama ratusan tahun pun juga mewarisi sistem hitungnya, termasuk peraturan konversi hitung. Dengan begitu, perbedaan perhitungan pun tidak bisa dipisahkan.

1 Ons Berapa Gram Versi Konversi Indonesia

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa konversi ons ke gram versi Indonesia berbeda hitungannya dengan ketetapan internasional. Di Indonesia, standar konversi yang diterapkan ini berdasarkan tangga satuan berat. Adapun tangga satuan berat yang ada di Indonesia antara lain:

Baca Juga:  1/25 Kg Berapa Ons? Ini Cara Hitung, Rumus, dan Contohnya

Kilogram (kg)

Hektogram (hg)

Dekagram (dag)

Gram (g)

Desigram (dg)

Centigram (cg)

Milligram (mg)

Berdasarkan tangga satuan berat di atas, dapat dilihat jika memang ons tidak ada. Hal inilah yang kadang jadi kebingungan sendiri bagi beberapa orang. Namun, jangan bingung lagi karena nilai 1 ons itu setara dengan 1 hektogram (m). Ini artinya, konversi ons ke gram turun dua tangga satuan berat.

Sebagai informasi tambahan, aturan penggunaan tangga konversi adalah: turun satu tangga x 10 sementara naik satu tangga : 10. Jika ons ke gram turun 2 kali, maka konversinya adalah  x 10 x 10=100. Jadi nilai dari 1 ons adalah 1 x 100 = 100 gram.

1 Ons Berapa Gram Versi Konversi Internasional

Sementara itu, definisi internasional memilii standar hitung yang berbeda. Jika dalam hitungan Indonesia 1 ons setara dengan 100 gram, maka tidak dengan hitungan internasional. Adapun menurut standar internasional, 1 ons itu setara dengan 28,3495… gram atau dibulatkan menjadi 28,34 gram.

Dengan demikian, sistem perhitungannya pun berbeda. Agar tidak bingung, ayo simak contoh soal berikut ini:

Baca Juga:  3 m Berapa dm? Cara Menghitung dalam Konversi Panjang

Diketahui sebuah barang memiliki berat 70 ons saat ditimbang di luar negeri. Lantas, berapakah berat barang tersebut jika sudah sampai di Indonesia?

Pembahasan:

Untuk menjawab pertanyaan ini, kamu harus terlebih dahulu memastikan bahwa pertanyaan ini merujuk pada perhitungan konversi internasional. Dalam soal diatas, rujukan kata “luar negeri” bisa jadi salah satu petunjuk yang mengidentifikasikan bahwa angka 70 ons tersebut adalah hasil berat internasional.

Dengan demikian, perhitungan konversinya ke gram adalah:

Hasil konversi gram = angka dalam ons x standar hitung internasional

= 70 x 28,34

= 1983,8 gram

Dari penjelasan diatas, sudah jelas bahwa hasil dari 1 ons berapa gram berbeda perhitungan antara versi Indonesia dengan internasional. Oleh karenanya, satuan gram dan kilogram lebih dipilih untuk digunakan demi menghindari kesalahpahaman karena berbeda persepsi.