1 Liter Berapa Ons? Ini Cara Hitung dan Jawabannya

Bppkibandung.id – Liter dan ons adalah satuan yang kerap digunakan secara umum oleh masyarakat Indonesia. Namun, kedua satuan ini memiliki konteks pengguanaan yang berbeda. Liter adalah satuan untuk volume sementara ons adalah satuan berat. Jika demikian, 1 liter berapa ons?

Untuk menjawab hal tersebut, kamu agaknya memang harus teliti. Pasalnya, keduanya berasal dari dua satuan yang berbeda. Meski demikian, konversi satuan yang beda konteks ini masih menjadi hal yang mungkin dilakukan. Oleh sebab itu, kamu harus memahami aturan konversinya terlebih dahulu.

Sebagai acuan, liter biasanya diterapkan untuk satuan minyak goreng. Namun, di sisi lain, beras yang masuk kategori benda padat pun juga bisa dihitung dengan menggunakan satuan liter. Jadi, seperti apa batasan penggunaan liter dan ons serta berapa nilai konversinya? Simak selengkapnya di sini!

Perbedaan Liter dan Ons

Sebelum menjawab pertanyaan tentang 1 liter berapa ons, ayo pahami terlebih dahulu pengertian kedua satuan tersebut. Meskipun sama-sama masuk ke dalam satuan metrik, namun keduanya tentu memiliki perbedaan yang mendasar. Apa itu?

Baca Juga:  300 cc Berapa mL? Cara Menghitung dan Contoh Soalnya

Liter

Liter merupakan satuan pengukuran volume dalam sebuah sistem metrik. Umumnya, satuan ini digunakan untuk mengukur volume baik benda cair, gas maupun padat. Setidaknya, beberapa benda yang satuan pengkurannya menggunakan liter antara lain:

  • Aneka produk minuman
  • Minyak goreng
  • Deterjen dan sejenisnya
  • Bensin, Solar dan sejenisnya
  • Oli, cat dan masih banyak lagi

Dari acuan volume benda, maka juga akan dengan mudah ditemukan berapa berat benda tersebut. Untuk memudahkan konversi tersebut, maka telah disepakati bahwa 1 liter volume setara dengan berat 1 kg benda tersebut.

Ons

Berbeda dengan liter yang hanya digunakan sebagai satuan metrik, ons memiliki fungsi ganda sebagai satuan metrik dan imperial. Namun di Indonesia, penggunaannya diakui sebagai satuan metrik untuk satuan berat benda. Umumnya, beberapa benda yang menggunakan satuan ons adalah:

  • Aneka makanan dan sembako (buah-buahan, daging dan rempah)
  • Bahan baku minuman (teh, kopi dan susu)
  • Beberapa perhiasan dan logam mulia

Sebagai catatan, dalam satuan metriks berat, istilah ons dianggap setara dengan 1 hektogram (hg).

Baca Juga:  5 Gram Berapa mL? Cara Hitung Berdasarkan Densitasnya

Jadi, 1 Liter Berapa Ons?

Berdasarkan keterangan di atas, diketahui bahwa 1 liter setara dengan 1 kg. Jadi untuk mengetahui 1 liter berapa ons, kamu bisa menggunakan kg sebagai acuan dasarnya. Dalam tangga satuan berat, diketahui konversi kg ke hg ini mengalami penurunan 1 tingkat yang artinya dikali dengan 10.

Jika diterjemahkan dengan kalimat matematika, maka uraiannya adalah sebagai berikut:

1 liter = … ons?

1 kg = … ons (hg)

= 1 x 10

= 10 ons

Berdasarkan perhitungan di atas, diketahui bahwa nilai dari 1 kg adalah 10 hg. Karena nilai 1 kg setara dengan 1 liter dan 1 ons setara dengan 1 hg, maka bisa disimpulkan bahwa jawaban pasti dari pertanyaan 1 liter berapa ons adalah 10. Jadi, 1 liter setara dengan 10 ons!