1 Kubik Berapa Meter? Cara Menghitung dan Jawabannya

Bppkibandung.id – Tidak semua orang tahu bagaimana cara menghitung satuan kubik dan meter. Maka dari itu, tidak mengherankan jika masih ada beberapa orang yang belum tahu 1 kubik berapa meter. Umumnya, satuan kubik lebih sering dipakai untuk mengukur ruang maupun benda yang berbentuk kubus.

Meski satuan ini lebih sering digunakan pada lingkungan konstruksi, tapi hal ini tidak membuat orang awam tidak perlu mengetahui cara menghitung satuan kubik menjadi meter. Sebab, pertanyaan seperti ini juga sering muncul di bangku sekolah, sehingga murid-murid harus mengetahuinya dengan baik.

Berbeda dengan satuan kubik yang lebih sering dipakai pada dunia konstruksi, untuk satuan meter sendiri termasuk jenis satuan yang sering muncul dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini terjadi karena satuan meter untuk mengukur jarak atau luas dari sebuah ruangan. Jadi, simak artikel ini sampai akhir!

Cara Menghitung 1 Kubik Berapa Meter

Sebenarnya ada rumus khusus yang bisa digunakan untuk mengetahui 1 kubik sama dengan berapa meter. Namun, tidak menutup kemungkinan masih ada sebagian orang yang belum tahu rumus yang bisa digunakan tersebut. Jika rumus ini sudah diketahui, maka menghitungnya bisa lebih mudah.

Baca Juga:  8 Cara Menghitung Cepat dengan Otak 100% Mudah

Untuk mengubah satuan kubik menjadi meter, orang-orang perlu tahu bahwa 1 kubik sama dengan 1000 liter. Kemudian, satuan ini masih bisa dikonversikan lagi menjadi satuan ml, yaitu 1.000.000 ml. Setelah mengubahnya menjadi liter dan ml, kini kita bisa mengubahnya menjadi meter dengan rumus:

V = P X L X T

Perhitungan ini lebih sering muncul pada saat seseorang harus menghitung volume benda ataupun ruangan, sehingga kamu harus mengetahui ukuran panjang, lebar, dan tinggi dari objek yang akan dihitung tersebut.

Contoh Menghitung Satuan Kubik Menjadi Meter

Melanjutkan pembahasan terkait 1 kubik berapa meter, kami juga akan membagikan contoh perhitungannya, agar kamu bisa lebih paham. Berikut adalah salah satu contoh yang bisa dipahami untuk menghitung satuan kubik menjadi satuan meter:

Ada sebuah benda yang memiliki ukuran panjang sebesar 2 meter dengan lebar yang sebesar 4 meter. Kemudian, benda tersebut memiliki ukuran tinggi yang sebesar 2 meter. Sekarang, hitung volume dari benda tersebut terlebih dahulu sebelum mengubahnya menjadi satuan meter.

V = P X L X T

V = 2 m X 4 m X 2 m

V = 16 m3

Jadi, volume benda tersebut adalah 16 meter kubik yang kemudian hasil ini bisa diubah menjadi satuan meter dengan mengalikannya ke angka 1000. Dengan begitu, 16 m3 x 1000 sama dengan 16.000 meter.

Setelah membaca cara menghitung dan contoh soal perhitungan satuan kubik menjadi meter di atas, sekarang kamu sudah tahu jawaban dari 1 kubik berapa meter. Dengan begitu, kamu tidak akan kesulitan lagi jika harus menghitung sebuah satuan kubik ke satuan meter.

Baca Juga:  Cara Konversi 25 mL Berapa Gram dengan Cepat dan Contoh Soal