8 oz Berapa mL? Cara Menghitung dan Konversi Oz-mL

Bppkibandung.id – Jika belum familiar dengan perhitungan 8 oz berapa mL, mungkin akan sedikit kesulitan dalam menjawabnya. Akan tetapi, oz adalah satuan massa untuk ons. Jadi, diperlukan informasi terkait densitas bahan yang hendak diukur apabila ingin menghitungnya dalam mililiter.

Dalam melakukan perhitungan ini, alangkah baiknya jika kamu memahami terlebih dahulu apa itu oz, mL, serta contoh soal lainnya agar bisa menjawab pertanyaan semacam ini. Ayo coba periksa penjelasannya di bawah ini!

Apa itu Konversi oz ke mL?

Konversi dari ons (oz) ke mililiter (mL) melibatkan penggunaan faktor konversi yang berhubungan dengan densitas suatu zat atau cairan. Densitas didefinisikan sebagai massa per unit volume, dan karena ons adalah satuan massa (berat), faktor konversi ons menjadi mililiter tergantung pada densitas bahannya.

Rumus umum konversi ons ke mililiter adalah sebagai berikut:

  • Volume (mL) = Massa (oz) x Densitas (g/mL)
Baca Juga:  1 Ons Berapa Gram? Cara Hitung dan Jawabannya

Begitu pula pada saat menghitung gelas 8 oz berapa mL, rumus ini juga bisa digunakan. Namun, karena ons adalah satuan berat, konversi ini lebih spesifik bergantung pada densitas bahan. Sebagai contoh:

  • Densitas untuk air umumnya sekitar 1 g/mL. Jadi, 1 ons air ≈ 29.5735 mL.
  • Densitas susu bisa bervariasi, tetapi misalnya, jika kita asumsikan densitas susu adalah 1.03 g/mL, maka 1 ons susu ≈ 28.155 mL.
  • Densitas minyak juga bervariasi, misalnya, jika densitasnya adalah 0.92 g/mL, maka 1 ons minyak ≈ 30.435 mL.

Sebagai catatan, konversi ini berlaku untuk bahan-bahan cair. Jika kamu berurusan dengan bahan padat, konversi akan lebih rumit dan melibatkan faktor-faktor lain seperti berat jenis bahan tersebut. Penting untuk selalu menyertakan jenis cairan yang sedang diukur dan densitasnya agar konversi akurat.

Jawaban 8 oz Berapa mL

1. Cara Menjawab

Apabila bahan cair yang hendak diukur adalah air gula, maka dapat diketahui densitasnya sebesar 1,4 g/mL. Maka, jawabannya adalah sebagai berikut:

  • Volume (mL) = Massa (oz) x Densitas (g/mL)
  • Volume (mL) = 8 oz x 1,4 g/mL = 11.2 mL
  • Maka, 8 ons (oz) air gula sekitar setara dengan 11.2 mL.
Baca Juga:  Cara Menghitung 2 Liter Berapa mL dan Pembahasannya

2. Contoh Soal 1

Sebuah resep minuman menyebutkan 8 ons sirup maple. Jika densitas sirup maple adalah 1.2 g/mL, berapa mililiter sirup yang diperlukan?

Pembahasan:

  • Volume (mL) = Massa (oz) x Densitas (g/mL)
  • Volume (mL) = 8 oz x 1,2 g/mL = 9.6 mL

Jadi, 8 ons sirup maple sekitar setara dengan 9.6 mL.

3. Contoh Soal 2

Seorang koki menggunakan 8 ons minyak zaitun dalam sebuah resep. Jika densitas minyak zaitun adalah 0.92 g/mL, berapa mililiter minyak zaitun yang digunakan?

Pembahasan:

  • Volume (mL) = Massa (oz) x Densitas (g/mL)
  • Volume (mL) = 8 oz x 0.92 g/mL = 7.36 mL

Jadi, 8 ons minyak zaitun sekitar setara dengan 7.36 mL.

Jawaban dari 8 oz berapa mL dapat sangat bervariasi sesuai dengan nilai massa jenis atau densitasnya. Jika sudah mengetahui densitas, maka cukup dengan mengalikan volume yang diketahui dengan nilai densitas. Jika sudah begitu, hasil konversi sudah pasti akurat.