1 Gram Berapa Sendok Makan? Takaran dan Cara Hitung

Bppkibandung.id – Mengukur jumlah gram dengan menggunakan sendok makan bisa menjadi alternatif praktis saat tidak ada timbangan. Misalnya saja ketika harus mengonversi 1 gram berapa sendok makan. Ini mungkin hal yang tampak sulit karena sendok makan bukanlah takaran yang baku.

Walaupun begitu, kamu masih bisa melakukan konversi dari satuan gram ke sendok makan, meskipun hasilnya mungkin kurang presisi. Bagaimana caranya? simak uraian di bawah ini untuk mendapatkan jawabannya!

1 Sendok Makan Berapa Gram?

Melansir dari laman New Idea, setiap sendok makan dinyatakan sama dengan 15 gram. Untuk mengukurnya dengan akurat, disarankan menggunakan sendok takar. Jika tidak tersedia, sendok makan dapat digunakan sebagai alternatif.

Dengan dasar ini, kita dapat menghitung kelipatan berat untuk beberapa sendok makan. Sebagai contoh, 2 sendok makan sama dengan 30 gram, 3 sendok makan setara dengan 45 gram, dan seterusnya.

Mengetahui kisaran ini dapat membantu dalam menghitung 1 gram berapa sendok makan. Namun, perlu diingat bahwa kepadatan makanan dapat dipengaruhi oleh beratnya. Misalnya pada beberapa bahan yang umum digunakan ketika memasak:

  • 1 sendok makan tepung terigu = 10 gram
  • 1 sendok makan garam = 10 gram
  • 1 sendok makan tepung maizena = 12 gram
  • 1 sendok makan tepung tapioka = 15 gram
  • 1 sendok makan gula pasir = 20 gram
  • 1 sendok makan margarine = 20 gram
Baca Juga:  500 ml Berapa Liter Air? Cara Menghitung Sesuai Tangga Konversi

Penting untuk diingat bahwa setiap jenis bahan makanan dapat memiliki berat yang berbeda untuk setiap sendok makan. Hal ini bahkan dapat mempengaruhi hasil akhir masakan. Oleh karena itu, memahami konversi ini dapat menjadi panduan praktis ketika memasak dengan jumlah yang tepat.

1 Gram Berapa Sendok Makan

Setelah mengetahui nilai konversi umum dari sendok makan ke gram, kita dapat menghitung nilai gram ke dalam sendok makan. Sebagai contoh, ketika kita membaca buku resep dan perlu menambahkan 1 gram tepung tapioka, maka konversinya dapat dihitung sebagai berikut:

  • Jumlah sendok makan = jumlah gram / berat per sendok makan
  • Jumlah sendok makan = 1 gram / 15 gram per sdm
  • Jumlah sendok makan = 0,067

Dengan demikian, kita perlu menambahkan sekitar 0,067 sendok makan tepung tapioka. Namun, perlu diperhatikan bahwa nilai ini dapat bervariasi tergantung pada bahan masakan yang digunakan.

Misalnya, jika kamu perlu menambahkan 1 gram gula, perhitungannya berbeda:

  • Jumlah sendok makan = 1 gram / 20 gram per sdm
  • Jumlah sendok makan = 0,05
Baca Juga:  Cara Hitung 700 mL Berapa Gelas Belimbing dan Gelas Biasa

Sehingga, kamu perlu menambahkan sekitar 0,05 sendok makan gula.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa 1 gram berapa sendok makan dapat disesuaikan dengan jenis bahan yang digunakan. Setiap bahan memiliki nilai konversi yang berbeda, oleh karena itu penting untuk merujuk pada berat per sendok makan agar hasilnya lebih presisi.