1 Ons Berapa Kalori dalam Makanan? Ini Cara Menghitungnya

Bppkibandung.id – Pada beberapa wilayah, terutama di Indonesia dan Belanda, terdapat kebijakan umum bahwa satu ons setara dengan 100 gram. Kerap muncul pertanyaan seperti 1 ons berapa kalori yang penting untuk kamu ketahui saat ingin mengetahui kalori dalam suatu makanan atau minuman.

Kalori merupakan sejumlah energi yang diperoleh dari asupan makanan dan minuman yang dikonsumsi. Energi tersebut memiliki peran penting sebagai sumber bahan bakar untuk mendukung berbagai fungsi tubuh.

Aktivitas tubuh, mulai dari aktivitas duduk hingga ke berlari, membutuhkan suplai energi yang bervariasi, tergantung pada tingkat intensitasnya. Setiap kali tubuh menggunakan energi, jumlah kalori yang tersimpan dalam tubuh akan terbakar.

1 Ons Berapa Kalori? Simak Penjelasannya Berikut!

Apa itu kalori? Seperti pada penjelasan sebelumnya, bahwa kalori yang berlebih atau belum digunakan akan disimpan dalam bentuk lemak. Dengan kata lain, ketika kamu mengonsumsi makanan atau minuman yang kaya kalori, cadangan lemak dalam tubuh akan bertambah.

Baca Juga:  8 hm Berapa dm? Cara Menghitung Konversi Satuan Panjang

Lalu untuk 1 ons berapa kalori tidak mempunyai jawaban yang pasti dikarenakan tergantung dengan makanan serta minuman yang dikonsumsi. Setiap makanan dan minuman tersebut masing-masing mengandung kandungan kalori yang berbeda. Simak ulasan berikut:

  • Daging tanpa lemak (misalnya, daging ayam tanpa kulit): Sekitar 30-35 kalori per ons.
  • Daging berlemak (misalnya, daging sapi berlemak): Sekitar 70-80 kalori per ons.
  • Ikan (misalnya, salmon): Sekitar 40-50 kalori per ons.
  • Sayuran (misalnya, brokoli): Sekitar 10-15 kalori per ons.
  • Buah-buahan (misalnya, apel): Sekitar 15-20 kalori per ons.
  • Karbohidrat (misalnya, nasi): Sekitar 30-40 kalori per ons.

Daftar kalori dari sumber pangan di atas juga bisa berubah tergantung dari cara makanan dimasak. Kamu bisa menjadikan kandungan kalori yang sudah tertera di atas sebagai perkiraan perhitungan kalori setiap ingin mengonsumsi suatu makanan.

Contoh Soal Perhitungan Kalori Beserta Penjelasannya

Usai memahami perhitungan konversi ons ke kalori di atas, kamu bisa berlatih contoh soal agar semakin paham saat ingin menghitung kandungan kalori dalam suatu makanan ataupun minuman. Simak contoh soal beserta jawabannya berikut:

  1. Jika dalam 100 gram daging ayam tanpa kulit memiliki kandungan sebesar 150 kalori, maka berapa kalori dalam 1 ons daging ayam tanpa kulit?
Baca Juga:  Kapasitas 20 Oz Berapa mL Air? Ini Cara Hitung Konversinya

Jawaban:

Berikut adalah rumusnya:

Kalori dalam 1 ons = 28, 35 gram/100 gram x 150 kalori (kandungan kalori yang diketahui)

28,35 gram tersebut diperoleh dari ketetapan internasional bahwa 1 ons = 28,35 gram. Namun, dikarenakan di Indonesia masih menggunakan perhitungan 1 ons = 100 gram, maka nilai 28,35 gram tersebut perlu dibagi dahulu dengan 100 gram lalu dikalikan dengan kalori yang diketahui.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa:

28,35 gram/100 gram x 150 kalori

= 42, 5 kalori dalam 1 ons daging ayam tanpa kulit.

  1. Misalkan terdapat 30 kalori dalam 100 gram brokoli, perhitungan kalori dalam satu onsnya adalah:

28,35 gram/100 gram x 30 kalori

= 8, 51 kalori dalam 1 ons brokoli.

Penjelasan dari pertanyaan 1 ons berapa kalori telah dijelaskan dengan lengkap di atas. Selain itu, kamu juga bisa mempelajari contoh soal beserta penjabarannya agar semakin paham dalam menghitung kandungan kalori dan juga konversi ke satuan ons.