1 mL Berapa Liter? Cara Menghitung dan Jawabannya

Bppkibandung.id – Untuk menghitung cairan erkadang orang harus menggunakan satuan ml atau bisa juga menggunakan liter. Antara ml dan liter ini punya keterkaitan yang cukup dekat sehingga keduanya sering saling dikonversi nilainya. Lantas 1 ml berapa liter nilainya?

Liter dan ml ini memang sebenarnya bukan jenis satuan berstandar internasional. Kendali begitu, keduanya kerap digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Tidak heran jika antara ml dan liter sering saling dikonversi nilainya untuk kebutuhan perhitungan tertentu.

Untuk melakukan konversi antara mililiter ke liter ini bisa dilakukan secara langsung tanpa melalui konversi perantara. Hal ini karena baik mililiter maupun liter merupakan satu jenis satuan yang sama. Keduanya ada dalam tangga satuan yang tidak berjarak jauh.

Menghitung 1 Ml Berapa Liter Berdasarkan Tangga Satuan

Sebelumnya telah sedikit disinggung bahwa ada yang namanya tangga satuan dalam perhitungan konversi. Mililiter dan liter ini ada dalam satu tangga satuan. Dari tangga satuan inilah kamu bisa langsung melakukan perhitungan konversi dari ml ke liter atau sebaliknya.

Baca Juga:  Cara Hitung 100 mL Berapa Gelas dan Pengukurannya

Namun sebelum itu, ketahui dulu urutan satuan dalam tangga satuan liter di bawah ini agar bisa lebih mudah mencari hasil konversi 1 ml sama dengan berapa liter:

  • Posisi pertama pada tangga satuan adalah Kiloliter atau kll
  • Setelah kl disusul dengan Hektoliter atau hl.
  • Berikutnya ada dekaliter dengan simbol dal.
  • Lalu ada liter dengan simbol l.
  • Desiliter bersimbol dl.
  • Centiliter bersimbol cl.
  • Dan terakhir ada mililiter dengan simbol ml.

Dari urutan tangga satuan di atas sudah terlihat bahwa satuan liter posisinya lebih tinggi dibandingkan dengan mililiter. Dengan begitu untuk bisa konversi jawaban 1 ml berapa liter bisa dicari dengan naik tangga satuan sebanyak 3 tingkat.

Jawabannya

Sebelum itu, perlu diketahui bahwa mengonversi nilai berdasarkan tangga satuan memiliki prinsip hitung menggunakan teknik perkalian dan pembagian. Untuk perhitungan satuan yang turun maka bilangan target harus dikali dengan bilangan 10.

Namun jika perhitungannya naik, maka tiap naik satu tingkat harus dibagi dengan bilangan 10. Bilangan yang ada di sini sifatnya ikut meningkat sebagaimana jumlah tingkatan turun atau naiknya konversi satuan. Dengan begitu dapat diperoleh metode hitungan:

Baca Juga:  500 Gram Berapa Liter? Cara Hitung, Rumus, dan Contoh Soal

1 ml = ….. liter

= 1 ÷ 1000

= 0,001

Dari perhitungan tersebut yang sudah mengaplikasikan prinsip hitung tangga satuan, maka hasil dari 1 ml berapa liter adalah 0,001. Sebenarnya cara ini bisa dipersingkat lagi dengan cara yang lebih sederhana, yaitu pemindahan decimal.

Pemindahan disimal bisa dilakukan dengan cara mengetahui nilai liter ke ml lebih dulu. Jadi 1 liter sama dengan 1000 ml. Maka dari nilai 1000 ini, pindahkan disimal atau beri tanda koma ke sebelah kiri atau ke bagian depan angka 1 sebanyak 3 langkah sesuai dengan tingkat kenaikan satuan. Sehingga jadi 0,001.