3 Liter Berapa Gelas? Ini Cara Mudah Menghitungnya

Bppkibandung.id – Berapapun air dalam ukuran liter bisa ditakar dalam gelas. Banyaknya takaran gelas juga bergantung pada jumlah air dalam liter. Lalu air 3 liter berapa gelas takarannya? Untuk menjawab soal ini, kamu harus tahu dulu 1 liter dapat ditampung dalam berapa gelas dan jenis gelas apa.

Tentu saja jenis dan ukuran gelas ini akan sangat berpengaruh pada hasil takaran. Pasalnya semakin besar ukuran gelasnya maka semakin sedikit jumlah gelasnyang dibutuhkan untuk menampung takaran air dalam satuan liter tersebut. Hal ini berlaku sebaliknya untuk gelas berukuran kecil.

Secara umum ada dua jenis gelas yang paling sering digunakan untuk mengukur takaran air dengan satuan liter ke dalam gelas. Gelas yang dimaksud adalah gelas belimbing dan gelas air mineral biasa. Keduanya punya kapasitas penampung air yang berbeda.

Menakar 3 Liter Berapa Gelas Air

Seperti yang sedikit sudah dijelaskan di atas, takaran air dalam liter bisa dihitung menggunakan dua jenis gelas yang punya kapasitas berbeda. Gelas yang dimaksud tak lain adalah gelas belimbing dan gelas air mineral.

Baca Juga:  5 mL Berapa Gram? Cara Hitung Sesuai Densitasnya

Sebelum itu ada baiknya kamu harus tahu bahwa liter merupakan jenis satuan yang umumnya digunakan untuk menyatakan volume cairan. Liter bukan satuan SI atau standar internasional namun sangat umum digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut ini adalah dijelaskan 3 liter sama dengan berapa gelas air jika menggunakan dua jenis gelasnyang berbeda. Dengan begitu kamu bisa lebih punya gambaran takaran air dalam gelas sesuai dengan takaran liternya:

1. Mengukur Dengan Gelas Belimbing

Perlu kamu tahu, gelas belimbing memiliki ukuran gelas standar yang bisa menampung cairan atau air hingga 200 ml. Sedangkan yang ditanyakan di sini adalah kapasitas gelas menampung air dalam satuan liter. Liter dan mililiter punya hubungan erat dan bisa dikonversi langsung.

Maka 200 ml harus diubah ke liter terlebih dulu. Sehingga didapatkan jawaban bahwa 200 ml setara dengan 0,2 liter. 0,2 liter jika ubah menjadi pecahan hasilnya adakah ⅕.

Maksud dari ⅕ di sini adalah 1 liter air bisa ditampung dalam 5 gelas belimbing. Jadi 3 liter air berapa gelas maka jawabannya setara dengan 15 gelas belimbing.

Baca Juga:  350 cc Berapa mL? Cara Menghitung dan Jawabannya Lengkap

2. Mengukur Dengan Gelas Air Mineral

Gelas belimbing memiliki kapasitas yang sedikit lebih banyak dibandingkan dengan gelas belimbing. Jadi 1 liter air membutuhkan lebih sedikit gelas untuk menampungnya. Kapasitas gelas air mineral adalah 220 ml.

1 liter air setara dengan 1000 ml. Sedangkan gelas air mineral kapasitasnya 220 ml. Maka 1000 ml ÷ 220 ml hasilnya 4,5. Jadi air 1 liter bisa ditampung dengan 4,5 gelas air mineral. Jika yang ditanyakan adalah 3 liter maka 4,5 × 3 sama dengan 13,5 gelas.

Jadi pertanyaan 3 liter berapa gelas bisa dijawab dengan dua versi jawaban yang disesuaikan dengan jenis gelas tersebut. Jika gelas belimbing maka jawabannya 15 gelas. Jika gelas air mineral, maka jawabannya 13,5 gelas.