500 ml Berapa Liter Air? Cara Menghitung Sesuai Tangga Konversi

Bppkibandung.id – Mungkin masih banyak yang merasa bingung bagaimana cara mengonversi ml ke liter. Pasalnya konversi liter ke ml dianggap lebih mudah karena konversinya turun. Pada contoh soal 500 ml berapa liter, bisakah kamu menjawabnya? Sebenarnya penyelesaian soal seperti ini cukup mudah.

Karena tidak terbiasa menggunakan perhitungan prinsip konversi satuan, maka pengubahan nilai fatigue ml ke liter dianggap membingungkan. Namun tenang saja karena di sini kamu bisa belajar tentang perhitungan konversi dari ml ke liter secara lebih mudah dan praktis.

Salah satu cara yang bisa digunakan untuk konversi dari satuan ml ke liter a dengan mengacu pada prinsip hitung atau rumus dari tangga satuan liter. Liter dan mililiter berapa dalam susunan tangga satuan yang sama karena merupakan satu jenis satuan yang sama.

Mengenal Tangga Satuan dan Cara Hitung 500 ml Berapa Liter

Konversi dari ml ke liter mungkin bisa menggunakan alternatif cara lain yang lebih praktis, seperti pengubahan bentuk disimal. Namun sering kali cara tersebut dianggap lebih membingungkan. Tenang saja karena masih ada alternatif cara yang jauh lebih umum dan mudah digunakan.

Baca Juga:  1 Gram Berapa mL? Cara Menghitung dengan Rumus Konversi

Cara dimaksud adalah dengan menggunakan rumus sesuai tangga satuan. Sebelum menjawab konversi 500 ml sama dengan berapa liter, kamu harus kenal dulu dengan yang namanya tangga satuan. Tangga satuan merupakan urutan satuan dari yang posisi atau skalanya besar hingga skala terkecil.

Dalam hal ini kita akan mengenal tangga satuan liter. Berikut ini adalah urutan satuan dari skala liter terbesar hingga skala liter paling kecil:

  • Kiloliter bersimbol kl
  • Hektoliter bersimbol hl
  • Dekaliter simbolnya dal
  • Liter simbolnya l
  • Desiliter biasa disimbolkan dengan dl
  • Centiliter biasa disimbolkan dengan cl
  • Dan terakhir ada mililiter yang simbolnya ml

Setelah melihat detail urutan dalam tangga satuan di atas bisa kamu lihat ada jarak antara satuan liter dengan mililiter, yaitu sebanyakan 3 tingkat. Konversi dari ml ke liter harus naik sebanyak 3 tingkat. Perlu diketahui sebelum mengerjakan penyelesaian 500 ml berapa liter, ada yang namanya prinsip hitung.

Prinsip hitung ini juga dikenal dengan rumus hitung dalam tangga satuan. Rumus hitung yang ada pada tangga satuan ini mengacu pada dua metode, yaitu perkalian dan pembagian menggunakan bilangan 10 bertingkat. Artinya jika dua tingkat maka bilangan menjadi 100 dan seterusnya.

Baca Juga:  40 km Berapa dm? Jawaban, Cara Hitung, Konsep Satuan

Pada kasus 500 ml yang dikonversi ke satuan liter ini, maka ml ke liter harus naik sebanyak 3 tingkat. Artinya target bilangan nantinya bukan lagi 10 melainkan 1000. Sedangkan penggunaan perkalian atau pembagian ini berdasarkan naik atau turunnya satuan.

Untuk satuan naik, maka nilai yang dikonversi harus dibagi dengan bilangan 10 bertingkat. Sedangkan untuk konversi yang satuannya harus turun maka nilai harus dikalikan dengan bilangan 10. Maka rumus yang akan digunakan pada konversi kali ini adalah:

500 ml = …… liter

= 500 ÷ 1000

= 0,5 liter

Jadi sudah diperoleh jawaban dari soal 500 ml berapa liter berdasarkan perhitungan rumus di atas, yaitu 500 ml setara dengan 0,5 liter.