1 Liter Berapa CC? Cara Menghitung dan Rumus Konversi

Bppkibandung.id – Kamu pasti pernah mendengar konversi satuan liter ke cc atau sebaliknya bukan? Pasalnya pertanyaan 1 liter berapa cc adalah pertanyaan yang sangat umum, mengingat kedua jenis satuan ini saling berkaitan satu sama lain dan sangat sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Kedua satuan ini kerap kali digunakan pada perhitungan volume atau benda cair. Kedua satuan ini bisa saling dikonversi masing-masing, baik cc ke liter maupun liter ke cc. Selain benda cair, cc dan liter juga bisa digunakan untuk menghitung nilai benda gas.

Pengaplikasian satuan ini cukup sering dalam kehidupan sehari-hari. Itulah mengapa sangat penting bagi kamu untuk memahami teori dan praktek dai konversi liter ke cc atau sebaliknya. Namun sebelum memahami teknik konversi, ada baiknya kamu mengenal tentang liter dan cc.

Mengenal Lebih Dekat Liter dan CC

Pada penjelasan di atas sudah sedikit disinggung bahwa liter dan cc merupakan dua jenis satuan yang sering digunakan untuk mengukur nilai benda cair atau volume obyek dan mengukur nilai benda gas. Satuan liter umumnya digunakan untuk pengukuran dengan skala yang lebih besar.

Baca Juga:  Cara Konversi 60 Gram Berapa Sendok Makan Termudah

Berbanding terbalik dengan liter, satuan cc biasanya digunakan dalam skala pengukuran yang lebih kecil

Contoh penggunaan liter adalah pada volume bensin pada mesin mobil. Sedangkan contoh penggunaan cc adalah seperti volume mesin pada kendaraan dan kapasitas pada baterai HP.

Sebenarnya cc ini punya kepanjangan centimeter cubic atau disimbolkan dengan cm³. Satuan ini merupakan satu jenis satuan dengan meter kubik. Untuk mengonversi nilai dari cm³ atau cc, maka hatus tahu dulu bahwa satuan liter punya hubungan erat dengan dm³.

Untuk menjawab 1 liter berapa cc, perlu diketahui bahwa 1 liter sama nilainya dengan 1 dm³. Sedangkan dm³ punya keterkaitan dengan cm³ karena ada dalam satu tangga satuan secara berurutan.

Posisi atau kedudukan cc atau cm³ ini tepat ada di bawah dm³. Sehingga jika ingin mencari tahu nilai cc dari keterkaitan dm³ maka harus turun dulu satu langkah.

Khusus untuk tangga kubik, turun atau naik harus dikali atau dibagi dengan bilangan 1000 mengingat kubik adalah kelipatan 3 kali. Jadi dari dm³ turun ke cc adalah dikali bilangan 1000. Sehingga didapat nilai:

Baca Juga:  10 dm Berapa cm? Rumus Mengubah Konversi dan Cara Hitung

1 dm³ sama dengan 1000 cm³.

1 cm³ sama dengan 0,001 dm³

Maka 0,001 dm³ setara dengan 0,001 liter.

Menghitung 1 Liter Berapa CC

Dari persamaan dan perhitungan di atas, kamu bisa lebih mudah mengerjakan konversi dari liter ke cc. Berdasarkan prinsip hitung sebelumnya telah diperoleh nilai 1 cm³ sama dengan 0,001 dm³ dan setara juga dengan 0,001 liter.

Maka 1 cc setara nilainya dengan 0,001 liter. Sedangkan liter ke cc bisa langsung dibalik nilainya sehingga 1 liter sama dengan 1000 cc. Dari sini sudah ditemukan jawaban 1 liter itu sama dengan berapa cc, yaitu 1000 cc sebagaimana cara mudah tersebut.

Menghitung 1 liter berapa cc memang sangat mudah, namun tidak semua orang memahami teknik mudahnya karena menilai bahwa kedua satuan tersebut berbeda jenis. Dengan begitu persamaan antara liter dan dm³ bisa jadi acuan hitungnya.