1000 Ml Berapa Liter? Cara Menghitung dengan Satuan Volume

Bppkibandung.id – Kamu pasti sudah sangat sering mendengar penggunaan saumtuan Mililiter dan Liter dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan pasti banyak juga pertanyaan terkait 1000 ml berapa liter? Pertanyaan ini sering muncul karena kedua satuan tersebut ada dalam satu jenis tangga satuan.

Konversi yang dilakukan bisa lebih mudah karena keduanya berada di tangga satuan yang sama. Satuan mililiter dan liter memang kerap kali digunakan dalam kehidupan harian meski sebenarnya bukan satuan internasional. Pasalnya satuan internasional yang biasa digunakan menghitung caitan adalah M3.

Meski begitu memahami konversi dari satuan mililiter ke liter atau liter ke mililiter juga sangat penting karena konversi kedua satuan ini juga sering dipertanyakan dalam soal pelajaran di Sekolah. Namun sebelum itu, mari bersama-sama belajar juga tentang tangga satuan dan metode konversinya.

Tangga Satuan Volume

Untuk bisa mengonversi dari mililiter ke liter atau sebaliknya, maka setidaknya kamu harus hafal dulu urutan dari tangga satuan volume. Dengan menghafal posisi urutan dari tangga satuan maka kamu bisa lebuh mudah menghitung nilai satuan konversi tersebut. Berikut adalah urutan dari tangga satuan volume:

  • Urutan pertama dimulai dari Kiloliter atau biasa disingkat dengan kl.
  • Selanjutnya ada Hektoliter atau hl.
  • Dekaliter disingkat dengan dal.
  • Liter (l)
  • Desiliter (dl)
  • Centiliter (cl)
  • Mililiter (ml)
Baca Juga:  1/5 Gram Berapa Ons? Cara Menghitung dengan Rumusnya

Penentuan jawaban dari pertanyaan 1000 ml berapa liter bisa mengandalkan atau mengacu pada tangga satuan volume yang telah disebutkan dan diurutkan di atas. Perlu diketahui bahwa memahami nilai dalam tangga satuan memiliki prinsip hitung.

Prinsip hitung yang dimaksud adalah jika nilai satuan awal dikonversi ke nilai satuan yang lebih rendah atau diturunkan, maka nilainya harus dikali dengan 10 setiap turun satu nama satuan. Sebaliknya jika konversi nilai dalam tangga satuan konversinya naik, maka setiap naik satu kali harus dibagi dengan 10.

Jadi misalnya nilai kl dikonversi ke hl, maka nilai kl harus dikali 10. Dan jika nilai hl dikonversi ke kl maka nilai hl dibagi 10. Adapun nilai 10 ini sifatnya berkelipatan sesuai dengan jumlah naik turunnya satuan.

Metode Hitung 1000 ml Berapa Liter

Berdasarkan perhitungan tangga satuan di atas, dapat diperoleh metode hitung yang mana mililiter ke liter adalah naik tiga tingkat. Sehingga rumus yang dapat diperoleh dari metode hitung ini adalah:

Baca Juga:  150 mL Air Berapa Sendok Makan? Cara Menghitung Tercepat

1000 ml = ….. liter

Ml ke liter = 1000

1000 ÷ 1000 = 1

Darri perhitungan ini maka diperoleh hasil bahwa 1000 ml sama dengan 1 liter.

Sedangkan jika menggunakan konversi hitung balik dari liter ke ml, maka:

1 liter sama dengan 10 × 10 × 10 ml

1 liter = 1000 ml.

Konversi dari mililiter ke liter maupun sebaliknya memang lebih mudah dihitung karena merupakan satuan jenis yang sama dan berada di tangga satuan volume yang sama. Yang paling penting, menghitung 1000 ml berapa liter adalah dengan memperhatikan prinsip hitung kali atau bagi dengan 10.