2 Liter Berapa Mililiter? Cara Menghitung dan Satuan Volume

Bppkibandung.id – Untuk menghitung kapasitas benda atau zat cair biasanya orang menggunakan satuan liter atau mililiter. Kedua satuan ini bisa saling dikonversi, misalnya seperti pertanyaan 2 liter berapa mililiter? Konversi antara liter ke mililiter atau sebaliknya bisa dilakukan dengan mudah sebagaimana satuan gram.

Satuan liter dan mililiter juga sebenarnya bukan merupakan satuan standar internasional. Hal ini karena umumnya menurut standar internasional pengukuran volume zat cair dilakukan dengan menggunakan satuan meter kubik. Meski begitu memahami konversi mililiter dan liter juga cukup penting.

Seperti halnya kasus dosis sirup atau obat yang biasanya ditulis dengan mililiter, maka penting untuk mempelajari nilai mililiter dan pengubahannya ke satuan liter. Dengan memahami konversi nilai antara mililiter ke liter atau sebaliknya, kamu bisa lebih mudah melakukan perhitungan terhadap volume zat cair.

Liter dan Mililiter

Saat menghitung konversi dari liter ke mililiter, harus dipahami dulu arti dan kedudukan dari kedua jenis satuan ini. Kedudukan liter lebih tinggi dibandingkan mililiter. Sehingga menemukan jawaban dari nilai dua liter berapa mili maka nilai harus dikonversi turun.

Baca Juga:  Konversi 1 hm Berapa cm, Cara Hitung dan Contoh Soal

Bisa dibilang mililiter ini merupakan jenis satuan yang jumlah volume nya sangat kecil. Meski begitu nilai dari satuan mililiter ini bisa disetarakan dengan liter menggunakan metode konversi. Konversi paling mudah yang bisa dibuat untuk jawaban 2 liter berapa mililiter adalah melalui tangga satuan.

Tangga satuan merupakan barusan tangga hitung yang berisi nama-nama satuan berdasarkan urutan dari yang paling tinggi kedudukannya hingga yang paling kecil kedudukannya. Dalam tangga satuan, liter bukan jenis satuan yang paling tinggi. Masih ada kiloliter yang dianggap jadi paling tinggi.

  • Kiloliter
  • Hektoliter
  • Dekaliter
  • Liter
  • Desiliter
  • Centiliter
  • Mililiter

Dari tangga satuan tersebut, sudah sangat jelas bahwa untuk mengubah kedudukan liter ke mililiter maka harus diturunkan sebanyak 3 langkah turun. Dalam sebuah perhitungan konversi yang menggunakan tangga satuan, ada yang namanya prinsip hitung. Prinsip ini yang nantinya akan membantu menjawab.

Menghitung 2 Liter Berapa Mililiter

Sebagaimana yang sudah sedikit disinggung di atas, perhitungan konversi 2 liter berapa mili harus menggunakan prinsip hitung yang dibantu dengan adanya tangga satuan. Prinsip hitung yang bisa dipakai adalah perkalian atau pembagian dengan bilangan 10.

Baca Juga:  30 cm Berapa dm? Cara Hitung, Pembahasan, dan Contoh Soal

Adapun perkalian atau pembagian ini didasarkan pada naik atau turunnya konversi satuan. Jika satuan yang dikonversi turun, maka tiap turun nilai harus dikali 10. Sebaliknya jika nilai yang dikonversi harus naik, maka harus menggunakan pembagian dengan bilangan 10.

Maka muncullah sebuah rumus hitung sebagai berikut:

2 liter itu berapa milliliter?

liter = 10 . 10 . 10 mililiter

Liter = 1000 mililiter.

Jadi 1 liter sama nilainya dengan 1000 mililiter. Dan jika yang ditanyakan adalah 2 liter, tinggal mengalikan 1000 mililiter dikali 2 sama dengan 2000 mililiter. Sehingga 2 liter setara atau senilai dengan 2000 mililiter.

Cara mudah hitung 2 liter berapa mililiter di atas bisa diaplikasikan untuk contoh soal lain yang masih berkaitan dengan satuan liter atau mililiter. Namun perkalian atau pembagian dengan bilangan 10 hatus disesuaikan dengan jumlah kenaikan atau penurunan satuan.