15 Liter Berapa Kg (Air dan Beras)? Ini Cara Hitung Tercepat

Bppkibandung.id – Satuan liter dan kilogram sering kali dijumpai di toko kelontong yang menjual beberapa bahan pokok. Banyak yang beranggapan bahwa liter memiliki nilai yang setara dengan kilogram. Untuk memastikannya, kamu dapat menyimak pembahasan dari 15 liter berapa kg di bawah ini.

Konversi yang dilakukan dari liter ke kilogram tidak dapat dihitung secara langsung seperti mengkonversi liter ke mililiter. Liter banyak digunakan sebagai satuan volume untuk benda yang bersifat cair. Sementara kilogram tergolong dalam satuan massa berat.

Dibutuhkan perhitungan yang tepat untuk melakukan konversi dari liter ke kilogram. Terdapat rumus khusus yang dapat digunakan untuk mengetahui hasil perhitungannya. Kamu tidak perlu kebingungan, simak pembahasan ini untuk mengetahuinya!

Memahami Perhitungan 15 Liter Berapa Kg

Untuk memastikan perhitungan konversi dari liter ke kg, umumnya perhitungan yang dilakukan harus memanfaatkan rumus densitas (massa jenis). Rumus ini digunakan sebagai alat bantu yang memudahkan konversi dari liter ke kg. Hal ini dikarenakan massa jenis memiliki satuan kg/liter.

Baca Juga:  220 Gram Berapa Sendok Makan? Cara Hitung dan Takaran

Untuk melakukan konversi dari liter ke kilogram rumus yang digunakan adalah m = p x v. Dari rumus tersebut diketahui bahwa p adalah massa jenis, m adalah massa, dan v adalah volume. Perlu diketahui, bahwa massa jenis setiap benda tidak sama. Jadi, varian soal lainnya bisa melibatkan rumus berbeda.

1. 15 Liter Air Senilai dengan Berapa Kg?

Ibu membeli air sebanyak 15 liter di tetangga sebelah. Sesampainya di rumah, ia ingin mengetahui nilai 15 liter air dalam satuan kilogram dengan meminta bantuan kakak yang jago matematik. Maka, berapa nilai 15 liter berapa kg?

Air memiliki massa jenis sebesar 1 kg per liter. Dengan demikian, 1 liter air senilai dengan 1 kilogram. Maka untuk menyelesaikan soal ini, kamu dapat menghitungnya dengan mengalikan massa jenis senilai 1 dengan volume senilai 15.

  • m = p x v
  • m = 1 (kg per liter) x 15 (liter)
  • m = 15 kg

2. 15 Liter Beras Senilai dengan Berapa Kg?

Berbeda dengan air, beras memiliki massa jenis sebesar 0,753 kg per liter. Oleh karena itu 1 liter beras tidak setara dengan 1 kilogram beras. Untuk mengetahui hasil dari 15 liter beras berapa kg, kamu dapat memanfaatkan perhitungan konversi dengan rumus massa jenis seperti di bawah ini.

  • m = p x v
  • m = 0,753 (kg per liter) x 15 (liter)
  • m = 11,295 kg
Baca Juga:  1 Hg Berapa Ons? Satuan Berat dan Cara Hitungannya

15 liter berapa kg dapat dihitung dengan mengetahui terlebih dahulu massa jenis benda yang akan dikonversi. Anggapan mengenai liter sama dengan kilogram hanya berlaku untuk perhitungan konversi air saja. Minyak goreng dan bensin memiliki nilai massa jenis yang berbeda dengan air.

Jika air bersih memiliki densitas sekitar 1 kilogram per liter. Maka minyak goreng memiliki densitas atau massa jenis sekitar 0,92 kilogram per liter. Sementara itu, bensin memiliki nilai densitas sekitar 0,74 kilogram per liter.