150 Gram Terigu Berapa Sendok Makan? Ini Cara Hitungnya

Bppkibandung.id – Rata-rata jumlah tepung terigu yang dipakai pada saat memasak suatu hidangan adalah 150 gram. Namun, tidak semua orang tahu 150 gram terigu berapa sendok makan. Maka dari itu, sebelum memasak suatu hidangan kamu harus tahu bagaimana cara untuk menghitung gram ke sendok makan.

Orang-orang yang sudah sering membaca resep mungkin bisa lebih mudah dalam memahami takaran bahan dalam satuan gram, tapi hal ini tidak akan berlaku bagi sebagian orang yang baru belajar masak. Biasanya, orang yang baru belajar masak lebih suka mengukur bahannya memakai sendok makan.

Hal ini terjadi karena takaran sendok makan tidak membutuhkan alat ukur lainnya seperti satuan gram yang membutuhkan timbangan. Namun, untuk bisa mengubah satuan gram menjadi takaran sendok makan, kamu harus tahu cara menghitungnya dengan tepat, dan di sini kami akan membahasnya.

150 Gram Terigu Berapa Sendok Makan?

Takaran bahan yang akan dipakai saat memasak suatu hidangan harus diperhatikan dengan sebaik mungkin, karena hal ini dapat memengaruhi cita rasa dari hidangan yang akan dimasak tersebut. Biasanya, takaran bahan pada suatu resep akan ditulis dalam satuan gram dan bukan sendok makan.

Baca Juga:  1 Ons Berapa Kg? Ini Cara Menghitung dan Hasilnya

Sebagai contoh, untuk memasak kue dibutuhkan 150 gram tepung terigu. Untuk memahami takaran bahan tersebut secara lebih mudah, kamu bisa mengubahnya menjadi takaran sendok makan terlebih dahulu. Lantas, 150 gram tepung setara dengan berapa sendok makan?

Tepung terigu yang berjumlah 150 gram akan setara dengan 18,75 sendok makan, karena 1 sendok makan tepung terigu itu sendiri adalah sebanyak 8 gram. Karena jumlah tepung terigu yang dibutuhkan di sini adalah 150 gram, maka hitung dengan cara 150 gram / 8 gram = 18,75 sendok makan.

Mengenal Berbagai Jenis Takaran Lainnya pada Buku Resep

Tidak hanya jawaban dari 150 gram terigu berapa sendok makan saja yang harus kamu ketahui sebelum mencoba resep baru, tapi kamu juga perlu tahu apa saja jenis-jenis takaran lainnya yang sering muncul pada buku resep, dan berikut adalah daftar lengkapnya:

1. Ons

Takaran ons sering muncul pada buku resep yang membutuhkan bahan-bahan seperti tepung tapioka, tepung terigu, gula, hingga daging. Sama seperti gram, satuan ons juga sering digunakan pada saat mengukur bahan-bahan berat.

Baca Juga:  100 ml Berapa cm3? Cara Hitung dan Konsep Konversinya

2. Mililiter (Ml)

Jika ons bisa dipakai untuk mengukur bahan-bahan makanan yang berat, sedangkan satuan ml bisa dipakai untuk mengukur jumlah bahan makanan cair seperti susu, minyak, air, dan saus. Sebab, bahan cair akan lebih mudah dihitung dalam satuan ml.

3.Cangkir dan Sendok Makan

Tidak jarang takaran sendok makan dan cangkir juga muncul pada buku resep. Biasanya, takaran ini akan dipakai pada saat mengukur bahan makanan seperti sayuran cincang, bumbu, dan lain sebagainya.

Sekarang kamu sudah tahu 150 gram terigu berapa sendok makan. Karena kamu sudah tahu jawabannya dengan benar, jadi kamu tidak akan kesulitan lagi untuk memahami jumlah bahan makanan yang dibutuhkan pada buku resep.