120 ML Berapa Gelas? Ini Ukuran dan Cara Hitungnya

Bppkibandung.id – Berbagai resep mengharuskan kamu untuk menggunakan bahan cair seperti air, susu cair, dan sebagainya. Untuk mendapatkan takaran bahan cair tersebut kamu bisa menggunakan gelas biasa. Tapi pertama-tama, ketahui dulu 120 ml berapa gelas.

Resep akan memberikan informasi jumlah bahan cair yang perlu digunakan. Kalau kamu memakai gelas biasa, mengetahui takaran pasti gelas yang digunakan akan sangat membantu. Jadi, kamu bisa langsung mengisi gelas dengan takaran yang tepat tanpa harus menggunakan gelas ukur lagi.

Berbagai Ukuran Gelas Kaca

Gelas kaca yang ada di rumah-rumah punya ukuran yang bervariasi. Ada gelas belimbing yang pendek dan tidak dilengkapi dengan handle atau pegangan dan ada juga gelas yang lebih tinggi dengan gagang disampingnya.

Perbedaan gelas kaca ini tentu saja disertai dengan kapasitas yang berbeda. Sebelum menggunakan salah satunya sebagai gelas takar, ketahui dulu ukuran pasti setiap gelas kaca tersebut. Jadi, kamu tidak akan membuat kesalahan saat mengikuti resep yang melibatkan santan atau bahan cair lain.

  • Gelas kaca kecil dengan gagang, yang sering digunakan untuk minum kopi hitam, punya kapasitas 200 ml.
  • Sedangkan gelas belimbing dari kaca yang tidak mempunyai gagang memiliki kapasitas hingga 250 ml.
  • Dan gelas kaca besar dengan gagang, yang sering dipakai untuk es teh, es cendol, atau es kelapa, kapasitasnya mencapai 400 ml.
Baca Juga:  1 dm Berapa cm? Cara Hitung Konversi dan Contoh Soal Cerita

Karena kapasitasnya yang berbeda-beda, kamu jadi harus mengingat jawaban yang berbeda untuk pertanyaan 120 ml setara dengan berapa gelas.

Jadi, 120 ML Berapa Gelas?

Sekali lagi, tergantung jenis gelas yang akan kamu gunakan untuk menakar bahan cair yang ditunjukkan oleh resep. Karena ada 3 jenis gelas yang disebutkan sebelumnya, maka ada 3 jawaban untuk pertanyaan di atas.

  • Takaran 120 ml minyak goreng pada gelas kaca kecil dengan kapasitas 200 ml adalah atau 0,6 gelas. Jadi, takarannya kurang lebih setengah gelas lebih sedikit.
  • Untuk susu cair, 120 ml berapa gelas belimbing? Karena kapasitas gelas belimbing adalah 250 ml, maka 120 ml susu cair adalah 0,48 gelas atau hampir setengah gelas belimbing.
  • Sedangkan 120 ml gula jika ditakar menggunakan gelas kaca besar atau gelas cendol adalah 0,3 gelas atau hampir sepertiga gelas.

Kalau jenis gelas yang digunakan beda lagi, maka takaran bahan cairnya akan berbeda juga. Jika sudah menggunakan satu gelas khusus sebagai alat ukur bahan cair, sebaiknya terus gunakan gelas tersebut dan jangan menggantinya dengan gelas lain agar tidak bingung.

Baca Juga:  1 cm3 Berapa mL? Cara Menghitung dengan Cepat

Jawaban untuk 120 ml berapa gelas berbeda-beda, tergantung jenis gelas kaca yang digunakan. Pilih satu gelas khusus yang akan dijadikan gelas ukur, ketahui kapasitas dan ukuran tempatnya agar bisa kamu gunakan untuk mengukur bahan cair dengan tepat dan presisi saat mengikuti resep.