450 ML Berapa Gelas Air? Ini Cara Menghitung Takarannya

Bppkibandung.id – Alat ukur yang selalu ada di setiap dapur adalah gelas. Alat ukur yang satu ini seringkali digunakan untuk mengukur benda cair, misalnya air, susu, mentega cair, dan sebagainya. Sebelum menggunakan gelas sebagai alat ukur, cari tahu dulu 450 ml berapa gelas.

Dengan mengetahui takaran gelas yang tepat untuk ukuran 450 ml, kamu bisa menggunakan gelas dengan tepat. Ini sangat penting, khususnya saat akan membuat adonan kue atau roti yang ukurannya harus benar-benar presisi karena sedikit saja kesalahan bisa bikin kue jadi bantat.

Perkiraan Takaran Gelas Belimbing

Jenis gelas yang biasanya ada di dapur adalah gelas belimbing. Bentuk gelas belimbing sendiri bervariasi, ada yang punya motif unik di bagian bawahnya tapi yang paling sering ditemukan adalah gelas belimbing dengan tiga garis yang melintang secara horizontal.

Takaran air untuk satu gelas belimbing adalah 200 ml. Jadi, jika kamu ingin memasukkan air sebanyak 450 ml ke dalam adonan, maka akan dibutuhkan 2¼ gelas belimbing air. Masalahnya, ketika seseorang mengisi gelas dengan air, takaran penuhnya bisa bervariasi.

Baca Juga:  150 Gram Berapa Sendok Makan? Cara Hitung dan Konversinya

Misalnya, ada yang mengisi gelas belimbing sampai penuh. Tapi ada juga yang berhenti mengisi gelas sebelum gelasnya benar-benar penuh. Lalu, bagaimana caranya mengetahui takaran tepat gelas?

Cara Menghitung 450 ML Berapa Gelas

Cara paling gampang untuk mengetahui takaran pasti setiap gelas adalah dengan mengisi gelas yang biasa kamu gunakan dengan air hingga batas yang kamu inginkan. Kemudian ikuti beberapa langkah berikut ini agar bisa mengetahui takaran pasti setiap gelas tersebut.

  • Ambil gelas kecil atau gelas apapun yang akan sering digunakan sebagai alat ukur.
  • Isi gelas dengan air hingga batas yang kamu inginkan.
  • Siapkan gelas ukur lalu pindahkan air dalam gelas ke gelas ukur tersebut.
  • Lihat angka yang ditunjukkan pada gelas ukur.

Angka yang ada di gelas ukur menunjukkan takaran gelas yang kamu gunakan sebelumnya. Tinggal gunakan takaran itu sebagai patokan. Angka yang ditunjukkan oleh gelas ukur bisa jadi berbeda-beda. Misalnya:

  • Kalau gelas ukur menunjukkan angka 225, artinya gelas yang kamu pakai mempunyai kapasitas 225 ml. Jadi, 450 ml berapa gelas? Jawabannya 2 gelas.
  • Jika gelas ukur memperlihatkan angka 200, maka kapasitas gelas yang tadi kamu gunakan adalah 200 ml. Untuk mendapatkan 450 ml susu cair, kamu perlu menuangkan 2¼ gelas air.
  • Tapi kalau gelas yang kamu gunakan ukurannya lebih besar, misalnya 300 ml, maka untuk mendapatkan air sebanyak 450 ml kamu memerlukan air sebanyak 1½ gelas saja.
Baca Juga:  Jawaban 12 dm Berapa cm dan Cara Hitung Tercepat

Tidak ada jawaban pasti untuk 450 ml berapa gelas karena gelas yang digunakan bisa jadi berbeda ukuran dan kapasitas. Jadi, kamu perlu mengetahui dulu kapasitas gelas yang kamu gunakan agar bisa mendapatkan takaran yang pasti.