Cara Konversi 60 Gram Berapa Sendok Makan Termudah

Bppkibandung.id – Mengetahui cara menghitung 60 gram berapa sendok makan merupakan hal yang penting ketika mengikuti panduan resep makanan. Terutama bagi kamu yang tidak memiliki timbangan di rumah, sehingga sendok makan bisa menjadi andalan.

Selain untuk makan, sendok makan umum digunakan untuk menakar berbagai jenis bahan masakan, baik yang bersifat cair maupun padat. Namun, setiap jenis bahan memiliki nilai konversi yang berbeda sesuai dengan jenis dan densitas bahan.

Oleh karena itu, artikel ini akan mengulas cara mengonversi dari satuan gram ke sendok makan dengan mudah, tanpa perlu menggunakan timbangan. Bagaimana rumus menghitungnya? Langsung saja simak penjelasan di bawah ini!

Cara Konversi 60 Gram Berapa Sendok Makan

Setiap jenis bahan makanan masing-masing diukur dengan satuan baku yang berbeda, mulai dari mililiter (ml), liter (L), gram (gr), milligram (mg). Selain itu, terdapat juga satuan tidak baku yang umum digunakan seperti sendok teh (sdt) dan sendok makan (sdm).

Baca Juga:  25 Kg Berapa Liter Gula Pasir? Ini Cara Konversi dan Jawabannya

Satuan sendok makan (sdm) kini banyak dipilih untuk menakar bahan masakan karena dianggap lebih praktis. Selain itu, sendok makan juga mudah digunakan, tidak seperti timbangan yang membutuhkan pengaturan.

Namun, untuk mengonversi dari gram menjadi sendok makan perlu mengetahui patokannya terlebih dahulu. Diketahui, acuan 1 sendok makan setara dengan 15 gram. Sehingga, ketika ingin mengonversi dari gram ke sendok makan, kamu cukup membaginya dengan angka 15.

Sementara itu, untuk rumusnya adalah sebagai berikut:

Jumlah Sendok Makan = Volume Bahan Makanan : Volume Sendok Makan (1 sdm = 15 gram)

Setelah mengetahui rumus yang digunakan untuk mengonversi dari gram ke sendok makan, maka kamu bisa mengimplementasikannya dengan mudah. Misalnya saja, kamu perlu mengonversi 60 gram berapa sendok makan, maka bisa dihitung sebagai berikut:

  • Jumlah Sendok Makan = Vol Bahan Makanan : Vol Sendok Makan
  • Jumlah Sendok Makan = 60 gram : 15 gram
  • Jumlah Sendok Makan = 4

Dari perhitungan tersebut, dapat disimpulkan bahwa 60 gram setara dengan 4 sendok makan.

Konversi 60 Gram Bahan Makanan dalam Sendok Makan

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, setiap jenis bahan makanan memiliki nilai konversi yang berbeda. Ini disebabkan oleh densitas dan massa masing-masing jenis bahan makanan. Oleh karena itu, berikut kami sajikan konversi bahan makanan dari 60 gram ke sendok makan sebagai acuan:

  • 60 gram air sama dengan 4 sendok makan.
  • 60 gram gula pasir sama dengan 3 sendok makan.
  • 60 gram minyak goreng sama dengan 4 sendok makan.
  • 60 gram susu bubuk sama dengan 2,4 sendok makan.
  • 60 gram kacang tanah sama dengan 2,4 sendok makan.
Baca Juga:  1 dag Berapa Ons? Cara Menghitung dan Contoh Soal

Melalui rumus di atas, perhitungan 60 gram berapa sendok makan dapat terjawab dengan mudah, yakni sekitar 4 sendok makan. Ingatlah, untuk mendapatkan hasil yang konsisten setiap bahan, gunakan sendok makan yang sama untuk setiap pengukuran.