Takaran 10 gram Berapa Sendok Makan? Ini Jawabannya

Bppkibandung.id – Sendok makan menjadi alat konversi yang umum digunakan di dapur, terutama untuk mengukur bahan masakan. Banyak yang menganggapnya lebih praktis dan efisien dalam memastikan proporsi bahan yang tepat. Bagaimanapun, apakah kamu sudah tahu 10 gram berapa sendok makan?

Mengonversi bahan makanan dengan akurat sangat penting untuk hasil akhir olahan. Namun, jika kamu belum familiar dengan cara melakukan konversi dari gram ke sendok makan, mari simak penjelasan berikut sampai akhir!

10 Gram Berapa Sendok Makan?

Tidak semua sendok makan memiliki ukuran yang seragam, karena setiap jenis memiliki model yang berbeda. Oleh karena itu, sendok makan tidak termasuk dalam satuan baku dalam standar pengukuran massa. Meskipun begitu, sendok makan masih dapat digunakan sebagai alat ukur meskipun dengan tingkat presisi yang lebih rendah.

Berbeda halnya dengan satuan massa seperti gram, yang memberikan ukuran yang lebih akurat, terutama jika diukur menggunakan timbangan atau neraca. Namun, mengingat tidak semua orang memiliki timbangan di rumah, sendok makan dapat menjadi alternatif yang efisien.

Baca Juga:  1 Ons Berapa Pon? Cara Hitung dan Konversi Berat

Cara menghitung konversi dari gram ke sendok makan cukup sederhana. Patokan satuan baku yang digunakan adalah 1 sendok makan setara dengan 15 gram. Dengan demikian, konversi 10 gram ke sendok makan dapat dihitung sebagai berikut:

  • Sendok makan = 10 gram : 15 gram/sdm
  • Sendok makan = 0,6 sdm (jika dibulatkan menjadi 1 sendok makan)

Perlu diperhatikan bahwa satuan di atas hanya berlaku untuk beberapa bahan makanan tertentu seperti margarin, tepung beras, gula merah, tepung jagung, dan tepung ketan. Jenis bahan masakan lain mungkin memiliki nilai konversi yang berbeda.

Contoh Takaran Gram dan Sendok Makan

Berikut adalah contoh perhitungan konversi 10 gram berapa sendok makan untuk beberapa jenis bahan makanan, guna memberikan pemahaman yang lebih mendalam:

Contoh 1:

Jika perlu menambahkan 10 gram gula halus, berapa sendok makan yang dibutuhkan?

Diketahui, 1 sendok makan setara dengan 12 gram gula halus. Dari sini dapat dilakukan perhitungan:

  • Sendok makan = 10 gram : 12 gram/sdm
  • Sendok makan = 0,8 sdm

Jadi, jika kamu perlu menambahkan 10 gram gula halus, maka cukup tambahkan sekitar 0,8 sendok makan (dibulatkan menjadi 1 sdm).

Baca Juga:  1 mL Berapa Tetes? Cara Hitung, Konversi, Contoh Soal

Contoh 2:

Jika perlu menambahkan 10 gram tepung terigu, berapa sendok yang dibutuhkan?

Diketahui, 1 sendok makan setara dengan 8 gram tepung terigu. Maka perhitungannya adalah:

  • Sendok makan = 10 gram : 8 gram/sdm
  • Sendok makan = 1,25 sdm

Jadi, jika kamu perlu menambahkan 10 gram tepung terigu, maka cukup menambahkan sekitar 1,25 sendok makan (dibulatkan menjadi 1,5 sdm).

Itulah jawaban untuk pertanyaan 10 gram berapa sendok makan beserta dengan contohnya. Dengan informasi ini, kamu tidak perlu lagi kesulitan saat mengukur bahan menggunakan sendok makan. Selain praktis, perhitungan di atas juga akurat dan mudah dilakukan.