1 dm Berapa Liter? Cara Hitung dan Konversi Satuan Berat

Bppkibandung.id – 1 dm berapa liter? Pertanyaan ini jarang dibahas pada soal latihan matematika maupun fisika, bahkan tidak pernah terlintas di benak kamu. Sejatinya dm kubik dan liter memiliki hubungan erat yang saling berkaitan satu sama lain.

Dm kubik terdengar asing bagi sebagian orang, padahal satuan ini merupakan salah satu satuan metrik yang diakui dalam Satuan Internasional. Bagi kamu yang masih awam dengan istilah desimeter kubik maka akan membayangkan perhitungan yang rumit. Desimeter kubik dilambangkan dengan (dm3).

Penyelesaian 1 Dm Berapa Liter

Dilihat dari aturan konversi, 1 dm kubik bermakna volume benda yang memiliki sisi 1 x 1 x 1 dm. Dm kubik terdengar awam karena jarang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Ternyata menghitung konversi dari dm kubik ke liter dapat kamu lakukan dengan penyelesaian yang cepat dan mudah.

Baca Juga:  1 Gram Berapa Sendok Makan? Takaran dan Cara Hitung

1. 1 Dm Kubik Sama dengan 1 Liter

Nilai dari 1 desimeter kubik sama dengan 1 liter. Patokan inilah yang membuat perhitungan konversi dari satuan desimeter kubik ke satuan liter menjadi sangat sederhana. Jadi, tiap benda yang memiliki volume 1 dm pangkat 3 bernilai sama dengan benda yang memiliki volume 1 liter.

  • 1 dm kubik (dm3) = 1 liter

2. 10 Dm Kubik Sama dengan 10 Liter

Sebagai contoh lain, kamu dapat mengerjakan konversi dari dm kubik ke liter dengan nilai yang lebih besar dibandingkan 1 dm berapa liter. Dibutuhkan operasi perkalian antara nilai volume pada desimeter kubik dengan 1 untuk mengkonversinya ke liter. 10 desimeter kubik senilai dengan 10 liter.

  • 1 dm kubik (dm3) = 1 liter
  • 10 dm kubik (dm3) = 10 liter

3. 100 Dm Kubik Sama dengan 100 Liter

Meskipun nilai konversi yang dihitung menggunakan angka besar, konversi dari dm^3 ke liter tidak membutuhkan alat bantu hitung. Penyelesaiannya dapat dilakukan dengan cepat dan mudah. Nilai volume 100 desimeter kubik sama dengan 100 liter.

  • 1 dm kubik (dm3) = 1 liter
  • 100 dm kubik (dm3) = 100 liter
Baca Juga:  1 Ons Berapa Liter? Rumus Menghitung dan Pembahasannya

4. 1000 Dm Kubik Sama dengan 1000 Liter

Karena nilai dari 1 desimeter kubik setara dengan 1 liter, maka kamu dapat mengetahui hasil 1000 dm kubik berapa liter dengan satu kali menghitung. Wadah yang berisi air dengan volume 1000 dm kubik sama dengan volume 1000 liter air. Jumlah pada dm kubik tinggal dikalikan dengan angka 1.

  • 1 dm kubik (dm3) = 1 liter
  • 1000 dm kubik (dm3) = 1000 liter

Penutup

Desimeter kubik (dm3) berada pada tangga satuan yang sama dengan cm3 dan mm3. Namun, nilai 1 desimeter kubik tidak sama dengan 1 cm3 maupun 1 mm3. Centimeter kubik dan milimeter kubik memiliki nilai yang lebih kecil dibandingkan dengan hasil dari 1 dm berapa liter.