8 hm Berapa dm? Cara Menghitung Konversi Satuan Panjang

Bppkibandung.id – Pernah pusing mencari 8 hm berapa dm? Konversi hektometer ke desimeter sangat bermanfaat dalam menyesuaikan skala dan mencapai konsistensi satuan panjang. Dalam banyak konteks, perubahan skala ini dapat mempermudah pemahaman dan penggunaan data.

Terutama ketika berurusan dengan proyek-proyek yang membutuhkan berbagai tingkatan ukuran panjang. Dengan menggunakan rumus konversi yang tepat, maka kamu dapat menyederhanakan dan meningkatkan akurasi dalam berbagai aspek pengukuran panjang.

Hektometer (hm) dan desimeter (dm) adalah dua satuan panjang yang mungkin perlu diubah satu sama lain dalam beberapa situasi. Kira-kira, bagaimana cara untuk mengubahnya? Simak rumus konversi hm ke dm berikut ini!

8 Hm Berapa Dm?

Hektometer adalah satuan panjang yang setara dengan seratus meter. Satuan ini umumnya digunakan untuk mengukur jarak yang cukup besar, seperti panjang jalan raya atau rel kereta api. Nah, sementara satuan dm ini jarang digunakan.

Meski demikian, mengetahui 8 hm= dm tidak ada salahnya. Dalam pemetaan geografis yang melibatkan luas wilayah yang besar, penggunaan hektometer dapat memberikan gambaran kasar, sedangkan konversi ke desimeter dapat memberikan pemetaan yang lebih rinci.

Baca Juga:  25 ML Berapa Sendok Makan? Cara Cepat Menghitungnya

Untuk mengonversi hektometer ke desimeter, maka kamu bisa menggunakan rumus berikut:

Panjang dalam hektometer = × Nilai dalam hektometer×1000

Dengan mengaplikasikan rumus konversi ini, maka jelas bahwa 8 hm berapa dm, cara hitungnya adalah sebagai berikut:

8 hm × 1000 = 8000 dm

8hm = 8000 dm

Contoh Soal Hm ke Dm

Soal 1

Sebuah trek melaju dengan jarak sepanjang 8 hektometer. Di tengah perjalanan tersebut, truk menambah lajunya sejauh 250 desimeter. Berapakah total panjang trek tersebut berjalan dalam desimeter?

Diketahui:

Truk berjalan 8 hm ditambah 250 dm

Ditanyakan:

Panjang total laju truk dalam dm

Jawaban:

8 hm +250 dm

(8 hm x 1000) + 250 dm

8000 dm + 250 dm = 8250 dm

Soal 2

Seorang petani memiliki lahan sawas seluas 8 hektometer. Ia menambahkan lahan sawahnya sepanjang 30 desimeter. Berapakah total luas lahan pertaniannya dalam desimeter persegi?

Diketahui:

Lahan sawah awalnya 8 hm ditambah 30 dm

Ditanyakan:

Panjang total luas lahan sawah petani dalam satuan desimeter

Jawaban:

8 hm + 30 dm

(8 hm x 1000) + 30 dm

Baca Juga:  5 dm Berapa cm? Cara Menghitung Satuan Panjang Tercepat

8000 dm + 30 dm = 8030 dm

Soal 3

Seorang arsitek merancang sebuah jembatan dengan panjang 12 hektometer. Di salah satu ujungnya, terdapat tambahan panjang sejauh 150 desimeter. Berapakah total panjang jembatan tersebut dalam desimeter?

Diketahui:

Rancangan panjang jembatan 12 hm ditambah 150 dm

Ditanyakan:

Panjang total panjang rancangan jembatan dalam satuan desimeter

Jawaban:

12 hm + 150 dm

(12 hm x 1000) + 150 dm = 12.015 dm

Setelah tahu konversi dari 8 hm berapa dm itu nilainya berapa, maka kamu tidak akan kesulitan untuk mengubah angka maupun nilai lainnya jika ada soal yang harus diubah satuannya. Jadi, berapa pun angkanya, cukup ubah hm ke dm dengan mengalikannya ke angka 1000.