1 Liter Berapa dm Kubik? Cara Menghitung dan Contoh Soal

Bppkibandung.id – Dalam dunia pengukuran, konversi antar satuan volume adalah hal penting untuk dipahami. Satuan liter (L) dan desimeter kubik (dm³) adalah dua satuan volume yang umum digunakan. Lalu 1 liter berapa dm?

Nah, untuk mengetahui jawabannya, maka pastikan kamu tahu bagaimana cara untuk mengkonversinya. Konversi 1 liter ke desimeter kubik membantu menciptakan konsistensi satuan dalam pengukuran volume.

Dengan memiliki nilai yang setara dalam satuan yang lebih besar (desimeter kubik), maka kamu dapat lebih mudah membandingkan dan mengintegrasikan data dengan satuan lainnya. Yuk, cari tahu panduan mengkonversi atau menghitung 1 liter itu berapa dm.

1 Liter Berapa Dm?

Liter yang ditulis dengan simbol ‘L’ adalah satuan volume yang umum digunakan. Nah, satu liter setara dengan volume kubus dengan panjang sisi 10 sentimeter.

Sementara desimeter kubik atau sering disimbolkan dengan dm³ merupakan satuan volume yang setara dengan volume kubus dengan panjang sisi 1 desimeter.

Baca Juga:  10 cm Berapa dm? Jawaban, Cara Hitung & Contoh Soal Lain

Lalu 1l berapa dm? ternyata, 1 liter setara dengan satu desimeter kubik (1 dm³). Jadi, rumusnya adalah

1 Liter = 1 dm³

Dalam konteks konversi dari liter ke desimeter kubik, tidak ada perubahan nilai numerik, karena 1 liter sama dengan 1 desimeter kubik.

Jadi, rumus 1 liter berapa dm sangat sederhana:

Volume dalam liter = Volume dalam desimeter kubik

Sebagai contoh, jika kamu memiliki 3 liter, maka volume tersebut juga akan menjadi 3 desimeter kubik, karena setiap liter setara dengan satu desimeter kubik.

Contoh Soal Liter ke Dm

Soal 1

Sebuah wadah berisi air sebanyak 4 liter. Cobalah untuk konversikan volume air dalam desimeter kubik.

Jawaban:

Volume air dalam desimeter kubik =  4 liter x 1 = 4 dm³

Soal 2

Saat memasak, seorang koki menggunakan panci berkapasitas 2 liter untuk menyiapkan sup. Hitung volume sup tersebut dalam desimeter kubik.

Volume sup jika diubah dalam desimeter kubik =  2 liter x 1 = 2 dm³

Soal 3

Sebuah botol minuman berenergi berisi 6 liter cairan. Ubahlah volume cairan tersebut ke dalam desimeter kubik.

Jawaban:

Volume botol minum jika diubah ke dalam desimeter kubik = 6 liter x 1 = 6 dm³

Baca Juga:  200 mL Berapa Gram? Cara Hitung Sesuai Aturan Konversi

Soal 4

Dalam laboratorium kimia, sejumlah zat cair disimpan dalam beaker dengan volume 9 liter. Hitung volume zat cair dalam desimeter kubik.

Jawaban:

Volume botol minum jika diubah ke dalam desimeter kubik = 9 liter x 1 = 9 dm³

Soal 5

Seorang petani mengukur kapasitas tangki air di ladangnya, yang dapat menampung 12 liter air hujan. Konversikan volume air hujan tersebut ke dalam desimeter kubik.

Volume air hujan dalam desimeter kubik= 12 liter x 1 = 12 dm³

Soal 6

Seorang ahli biologi memiliki wadah berisi 3 liter larutan nutrisi untuk eksperimennya. Ubah volume larutan nutrisi ke dalam desimeter kubik.

Volume zat cair dalam desimeter kubik = 3 liter x 1 = 3 dm³

Menghitung 1 liter berapa dm bukanlah hal yang sulit karena ternyata kamu tidak perlu melakukan konversi. Nilai dalam 1 liter sama dengan desimeter kubik sehingga angkanya tidak perlu diubah, hanya saja jangan lupa untuk menambahkan satuan kubik, ya!