10 mL Berapa cc dan Sendok Makan? Ini Cara Konversinya

Bppkibandung.id -Dalam jumlah kecil, satuan cairan dapat dinyatakan dalam satuan mL atau cc. Satuan ini biasanya dipakai untuk menentukan volume obat, vitamin, parfum, atau minuman dalam kemasan yang kecil. Lalu, apakah perbedaan dari penggunaan kedua satuan tersebut dan nilai dari 10 mL berapa cc?

Satuan cc merupakan singkatan dari sentimeter kubik atau cm3. Penggunaan satuan yang berbeda dilakukan sesuai dengan zat yang akan diukur. Bahkan, satuan yang dipakai untuk menyatakan volume tidak hanya mililiter dan cc, tetapi masih banyak satuan lain seperti liter, desiliter, hektoliter, dan lainnya.

Mempelajari semua satuan tersebut umumnya sudah dilakukan di bangku sekolah. Namun, yang cukup sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari adalah cc dan mL. Hal inilah yang menyebabkan artikel ini akan membahas secara lengkap satuan sentimeter kubik dengan mililiter dan cara konversinya.

10 mL Berapa cc

Dalam melakukan konversi satuan apapun, hal pertama yang penting untuk diketahui adalah nilainya terhadap satuan lain. Misalnya, 1 mL berapa cc akan menjadi dasar untuk bisa menentukan volume cairan dalam jumlah yang lebih besar. Nah, diketahui bahwa 1 mililiter setara dengan sentimeter kubik.

Baca Juga:  1 Liter Beras Berapa kg? Cara Menjawab dan Contoh Soal

Dengan kata lain, satuan cc sama memiliki nilai yang sama dengan mL. Saat kamu melihat kemasan sebuah produk yang menuliskan volumenya dalam satuan mL, maka sama saja jika dalam satuan cc. Aturan pengukuran ini nantinya dapat digunakan untuk menentukan volume cairan dalam jumlah lain.

Contoh:

1 mL = 1 cc

10 mL = … cc?

= 10 cc

Jadi, volume 10 mL setara dengan 10 cc

Namun, sesuai dengan yang dijelaskan sebelumnya bahwa satuan volume cukup banyak. Artinya, jika ingin mengkonversi dalam satuan lain, maka nilainya pun akan berbeda. Jadi, sebelum melakukan konversi, perhatikan terlebih dahulu satuan apa yang diketahui dan ditanyakan agar tidak keliru.

10 mL Berapa Sendok Makan

Selain 10 mL berapa cc, kamu juga bisa mengukur jumlah cairan dengan alat makan seperti sendok makan. Cara ini biasanya digunakan saat memasak di rumah karena tidak memiliki gelas ukur atau pipet ukur. Meskipun hanya alat sederhana, tetapi sendok makan dapat menjadi alat ukur yang efektif.

Baca Juga:  1 Liter Beras Berapa Ons? Rumus Perhitungan dan Contoh Soal

Seperti yang diketahui, sendok makan yang biasanya digunakan memiliki banyak ukuran. Mulai dari yang cukup kecil, sedang, hingga besar dan bisa dipilih sesuai keinginan masing-masing. Namun, secara umum satu sendok makan sedang dapat menampung cairan dalam jumlah 15 mL.

1 sendok makan = 15 mL

10 mL = … sendok makan?

= 10 mL : 15 mL

= 0,667

Dengan mengetahui bahwa satuan milimeter (mL) sama dengan sentimeter kubik (cc), maka 10 mL berapa cc lebih mudah untuk ditentukan. Sesuai dengan yang dijelaskan diatas bahwa kedua satuan volume tersebut memiliki nilai yang sama.