200 Gram Terigu Berapa Sendok Makan? Jawaban & Konversinya

Bppkibandung.id – Salah satu kendala yang sering dialami oleh orang-orang yang baru belajar masak saat membaca buku resep adalah mereka tidak tahu 200 gram terigu berapa sendok makan. Sebab, sebagian orang yang baru belajar masak akan lebih mudah memahami takaran sendok makan dibanding satuan gram.

Jika takaran sendok makan tidak membutuhkan alat ukur lainnya lagi, hal ini berbeda dengan satuan gram yang membutuhkan alat ukur timbangan untuk menghitungnya. Jika tidak, maka takaran bahan makanan yang dibutuhkan tersebut bisa salah. Saat jumlah bahannya salah, tentu rasanya akan beda.

Maka dari itu, untuk membuat rasa hidangan yang dimasak sesuai dengan resep tersebut, kamu harus tahu bagaimana cara mengubah satuan gram menjadi takaran sendok makan. Pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan cara lengkap menghitung 200 gram tepung terigu berapa sendok makan.

Konversi 200 Gram Terigu Berapa Sendok Makan

Sebelum membahas tentang 200 gram tepung terigu setara dengan berapa sendok, kamu harus tahu bahwa setiap bahan makanan memiliki ukuran sendok yang berbeda. Sementara untuk 1 sendok makan tepung terigu setara dengan 8 gram dan ukuran ini berbeda dengan tepung lainnya.

Baca Juga:  150 Gram Berapa Sendok Makan? Cara Hitung dan Konversinya

Jika di dalam resep disebutkan bahwa jumlah tepung terigu yang dibutuhkan adalah sebanyak 200 gram, maka kamu hanya perlu membaginya dengan ukuran 8 gram. Jadi, 200 gram / 8 gram = 25 sendok makan. Dengan begitu, ambil tepung terigu sebanyak jumlah yang telah dihitung tersebut.

Hal ini berbeda dengan ukuran 1 sendok makan tepung beras dan tepung maizena. Jika 1 sendok makan tepung beras adalah 15 gram, sedangkan 1 sendok makan tepung maizena setara dengan 12 gram. Orang-orang yang sering memasak sambil membaca resep harus menghafalnya.

Konversi Satuan Mililiter ke Sendok Makan

Tidak hanya konversi gram ke sendok makan saja yang sering dipertanyakan oleh sebagian orang, tapi satuan mililiter pada buku resep juga sering membuat banyak orang bingung. Cara menghitungnya tidak akan sama dengan cara yang satu ini.

Biasanya, satuan mililiter seperti ini lebih sering diubah menjadi takaran sendok teh dibanding sendok makan. Sebagai contoh, kamu membutuhkan 50 ml air untuk memasak suatu hidangan tertentu, maka jumlah air yang dibutuhkan di sini adalah sekitar 3 sendok makan.

Baca Juga:  5 dm Berapa mm? Jawaban dan Cara Hitungnya

Mengapa bisa begitu? Karena 1 sendok makan setara dengan 15 ml dan ketika 50 ml dibagi 15 ml, maka angka yang terlihat adalah sekitar 2,5 – 3 sendok makan. Pastikan untuk memahami tentang hal ini dengan baik, agar hidangan yang dimasak memiliki tekstur dan rasa yang sesuai dengan resepnya.

Alasan kenapa orang-orang yang baru belajar masak harus tahu cara menghitung 200 gram terigu berapa sendok makan adalah, agar mereka tidak kecewa setelah memasak makanan yang disukainya. Sebab, takaran bahan akan sangat berpengaruh terhadap tekstur dan rasa suatu masakan.