Konversi 1 km Berapa hm Sesuai Tangga Satuan Panjang

Bppkibandung.id – Satuan panjang banyak digunakan dalam aktivitas pengukuran untuk mengetahui panjang, lebar, tinggi atau luas suatu benda atau ruang. Ada banyak macam-macam satuan panjang yang sering digunakan, untuk itu agar bisa mengetahui 1 km berapa hm maka harus tahu cara konversinya.

Tujuan dari melakukan konversi satuan yaitu untuk mempermudah proses perhitungan. Apabila ukuran benda atau barang yang diukur memiliki ukuran lebih kecil maka bisa gunakan satuan panjang meter, desimeter, centimeter atau milimeter.

Sedangkan untuk pengukuran panjang yang besar seperti jarak dari satu kota ke kota lainnya umumnya banyak menggunakan satuan kilometer. Nah maka dari itu, kamu harus tahu bagaimana cara menghitung konversi satuan panjang, untuk langkah-langkahnya simak uraian di bawah ini.

Cara Mengkonversi 1 Km Berapa Hm?

Seperti yang sudah diketahui, bahwa ada banyak satuan panjang yang bisa digunakan dalam kegiatan pengukuran mulai dari km hingga terakhir milimeter.

Baca Juga:  5 Gram Berapa Sendok Makan? Pengukuran dan Konversinya

Satuan-satuan tersebut ternyata saling berkaitan dan berhubungan, lho. Sehingga kamu bisa menghitung konversi dari satu satuan dengan yang lainnya seperti 1 km berapa hm. Untuk menghitung nilai konversi satuan panjang, ada dua hal yang perlu kamu ingat:

  • Setiap naik satu tangga, nilai yang akan dikonversi dibagi dengan 10.
  • Setiap turun tangga, nilai yang akan dikonversi dikali dengan 10.

Dari sini maka sudah bisa disimpulkan untuk mengubahnya, kamu hanya perlu melihat letak satuan tersebut dalam tangga satuan panjang. Jika untuk mengkonversinya mengharuskan turun sebanyak 4 anak tangga, maka nilai yang akan dikonversi harus dikali dengan 10.000.

Jadi berdasarkan pernyataan tersebut, kamu sudah bisa menghitung nilai yang setara dari 1 km dalam satuan hm. Jika dilihat dari letak satuan dalam tangga, dari km menuju hm harus turun satu tangga.

Sehingga untuk mendapatkan hasil yang tepat yaitu dengan mengalikannya dengan 10, hasilnya yaitu:

1 km = 1 x 10 hm

1 km = 10 hm

Contoh Soal Konversi dari Km ke Hm

Sebelumnya kamu sudah mempelajari cara menghitung nilai dari 1 km berapa hm. Kemudian untuk menambah pemahaman mengenai materi ini, kamu bisa mempelajari beberapa contoh soal berikut ini lengkap dengan cara penyelesaiannya:

Baca Juga:  1000 Ml Berapa Liter? Cara Menghitung dengan Satuan Volume

Hasil dari pengukuran jalan didapatkan hasil bahwa jarak yang ditempuh menuju kota A adalah 50 km. Kemudian dilakukan pengukuran kembali dari kota A ke kota B dan didapatkan hasil yaitu 100,8 hm. Berapakah jarak yang ditempuh dari titik awal hingga kota B dalam satuan hm?

Jawab:

Pertama yaitu kamu harus mengubah hasil pengukuran yang menggunakan satuan km terlebih dahulu menjadi hm. Setelah itu, baru bisa menjumlahkan kedua hasil pengukuran tersebut.

Jarak kota A: 50 km

50 km = 50 x (10) hm

50 km = 500 hm

Jadi total jarak yang ditempuh adalah 500 hm + 100,8 hm = 600,8 hm

Menghitung konversi dari 1 km berapa hm, tidak sulit bukan? Dengan mempelajari materi tersebut kamu juga bisa menghitung panjang atau hasil pengukuran ke dalam satuan yang diinginkan berdasarkan kebutuhan.