8 km Berapa dm? Cara Hitung dan Konversi Satuan Panjang

Bppkibandung.id – Penerapan materi satuan panjang seringkali dijumpai dalam kehidupan sehari-hari, seperti mengukur jarak antar kota, mengukur panjang atau lebar benda dan sebagainya. selain itu, kamu juga bisa menghitung nilai konversi dari 8 km berapa dm.

Karena satuan panjang tidak hanya terdiri dari satu saja, namun ada beberapa. Kamu bisa mengganti satuan yang digunakan dalam setiap perhitungan atau pengukuran, tetapi harus sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Jadi tidak bisa sembarangan langsung mengganti satuan yang digunakan sesuka hati. Ada hal yang perlu diperhatikan agar bisa didapatkan jawaban yang tepat. Untuk mengetahui lebih jelasnya mengenai perhitungan konversi satuan panjang, maka bisa simak uraian di bawah ini.

Mengenal Satuan Panjang Km dan Dm

Sebelum menghitung nilai konversi dari 8 km berapa dm, sebaiknya kamu memahami terlebih dahulu mengenai jenis satuan panjang ini. Seperti yang sudah diketahui, bahwa ada banyak satuan panjang yang tersedia, salah satunya ada kilometer (km) dan desimeter (dm).

Baca Juga:  10 Oz Berapa mL? Cara Menghitung dan Konversi Oz-Mililiter

Kilometer merupakan satuan panjang dalam sistem metrik yang nilainya setara dengan 1.000 meter. Umumnya satuan ini digunakan untuk menyatakan jarak geografis di berbagai negara kecuali di Inggris dan Amerika Serikat.

Contohnya penggunaan satuan ini diantaranya yaitu dalam pengukuran jarak dari satu kota dengan kota lainnya, jarak yang kamu tempuh pada saat berjalan, jarak landasan pacu dan lain sebagainya.

Kemudian untuk satuan desimeter (dm) adalah satuan panjang yang terdapat dalam sistem metrik dan memiliki nilai setara dengan 0,1 meter. Satuan yang satu ini mungkin jarang sekali ditemui dalam setiap kegiatan pengukuran, namun seringkali ditemui dalam soal-soal matematika atau fisika.

Sehingga keberadaannya tidak bisa diabaikan begitu saja. Satuan dm bisa digunakan untuk melakukan pengukuran dengan skala yang nilainya lebih kecil dari meter.

8 Km Berapa Dm?

Lalu berapa nilai konversi dari pertanyaan tersebut? Jadi di sini kamu perlu mengubah satuan dari km menjadi dm. Untuk mengubah satuan tersebut kamu harus membuat tangga satuan panjang terlebih dahulu.

Baca Juga:  Jawaban 1 Liter Berapa Mili Sesuai Konversinya

Ketentuan dalam menggunakan tangga tersebut yaitu untuk setiap perubahan satu tangga nilainya adalah 10 dan hal ini berlaku kelipatan, sehingga untuk 2 tangga menjadi 100, 3 tangga menjadi 1000 dan seterusnya.

Cara menghitungnya yaitu jika tangganya naik maka nilainya harus dibagi sedangkan jika turun harus dikali. Jadi berdasarkan pernyataan tersebut maka untuk mengubah satuan panjang dari km menjadi dm harus turun sebanyak 4 tangga atau setara dengan 10.000.

Dari ketentuan tersebut maka diperoleh hasil sebagai berikut:

8 km = 8 x (10 x 10 x 10 x 10) dm

8 km = 8 x 10.000 dm

8 km = 80.000 dm

Hasil dari konversi 8 km berapa dm adalah 80.000 dm. Dari penjelasan di atas, diharapkan kamu bisa memahami lebih dalam mengenai materi satuan panjang dan bagaimana cara menghitung konversi satuannya dengan tepat.