1 mm Berapa dm? Ini Cara Hitung Pakai Tangga Satuan Panjang

Bppkibandung.id – Hasil pengukuran panjang, lebar dan tinggi dari suatu benda selalu dinyatakan menggunakan satuan panjang. Fungsi dari satuan panjang adalah sebagai informasi yang menunjukkan sistem pengukuran yang digunakan, sehingga lebih mudah untuk mengkonversinya seperti dari 1 mm berapa dm.

Tanpa adanya informasi tersebut, data hasil pengukuran tentu sulit untuk diolah. Karena sulit untuk menentukan hasil pengukuran yang akurat. Dengan nilai yang sama namun satuan yang berbeda maka hasilnya juga akan berbeda.

Lalu bagaimana cara mengkonversi satuan panjang? Bagi kamu yang penasaran mengenai langkah-langkah untuk menghitung satuan panjang dari mm menjadi dm, maka bisa simak penjelasannya di bawah ini:

1 Mm berapa Dm?

Menghitung konversi satuan panjang dari mm menjadi dm bisa dilakukan dengan bantuan dari tangga satuan panjang. Tangga ini berisikan satuan panjang yang disusun berurutan, mulai dari kilometer (km), hektometer (hm), dekameter (dam), meter (m), desimeter (dm), centimeter (cm), milimeter (mm).

Baca Juga:  Konversi 50 hm Berapa m dan Cara Hitungnya Lengkap

Dari tangga ini kamu bisa menghitung konversi dari satu satuan ke satuan yang lainnya. Adapun untuk ketentuannya yaitu sebagai berikut:

  • Setiap naik satu tangga nilainya dibagi dengan 10.
  • Setiap turun tangga nilainya dikali dengan 10.

Jadi berdasarkan pertanyaan tersebut maka kamu harus mengetahui terlebih dahulu jarak tangga dari mm ke dm. Melihat tangga satuan panjang, letak mm menuju dm adalah naik 2 tingkat. Dengan demikian, bisa disimpulkan bahwa:

1 mm = 1 ÷ (10 x 10) dm

1 mm = 1 ÷ 100 dm

1 mm = 0,01 dm

Contoh Soal Konversi dari Mm ke Dm

Untuk memberikan pemahaman lebih dalam bagaimana cara menghitung konversi satuan panjang selain 1 mm berapa dm, berikut ini merupakan beberapa contoh soal dan cara mengerjakannya.

1. Contoh soal 1

Ubahlah hasil pengukuran dari 4500 mm menjadi dm.

Jawab:

Mengubah satuan dari mm ke dm yaitu dengan cara membaginya dengan 100. Jadi perhitungannya adalah:

4500 mm = 4500 ÷ 100 = 45 dm

2. Contoh soal 2

Hasil pengukuran pensil A didapatkan hasil 350 mm sedangkan pensil B sebesar 457 mm. Hitunglah penjumlahan dari pensil A dan B dalam satuan dm.

Baca Juga:  Menghitung 1 Oz Berapa mL dengan Rumus Konversinya

Jawab:

Langkah pertama untuk menghitungnya yaitu bisa dengan mengubah satuan untuk masing-masing pensil terlebih dahulu.

Pensil A: 350 mm = 350 ÷ 100 = 3,5 dm

Pensil B: 457 mm = 457 ÷ 100 = 4,57 dm

Jadi hasil penjumlahan dari pensil A dan pensil B adalah 3,5 dm + 4,57 dm = 8,07 dm

Perhitungan 1 mm berapa dm di atas didapatkan hasil 0,01, yang artinya untuk ukuran 1 mm nilainya sama dengan 0,01 dm. Mudah bukan menghitung konversi satuan panjang?

Dari contoh soal di atas kamu bisa mendapatkan lebih banyak gambaran dan pemahamanan cara mengkonversi satuan panjang.