1 hm Berapa m? Cara Menghitung dan Konversi Panjang

Bppkibandung.id – Meter merupakan satuan yang banyak digunakan dalam kegiatan pengukuran. Hal ini tidak lepas dari meter yang dijadikan sebagai standar satuan panjang dalam Satuan Internasional (SI). Maka dari itu, penting sekali bagi kamu untuk mengetahui konversi dari 1 hm berapa m.

Menggunakan satuan panjang dalam kegiatan pengukuran bisa mempermudah proses pengolahan datanya. Selain itu, hasil pengukuran tersebut juga memiliki nilai yang tetap dan tidak berubah dimanapun kamu berada.

Salah satu cara mengolah data agar proses perhitungan bisa dilakukan dengan mudah adalah, dengan mengkonversinya ke dalam satuan panjang yang diinginkan atau dibutuhkan. Informasi selengkapnya mengenai cara untuk mengkonversi satuan panjang bisa simak artikel berikut ini.

Cara Menghitung 1 Hm Berapa M?

Mengkonversi satuan panjang dari satuan yang satu ke yang lainnya sebenarnya sangatlah mudah. Materi ini merupakan pelajaran dasar yang bahkan sudah diajarkan sejak di bangku sekolah dasar (SD).

Baca Juga:  600 cc Berapa mL? Konversi cc ke mL dan Cara Hitungnya

Walaupun demikian, mungkin beberapa dari kamu masih belum memahami dengan baik bagaimana cara menghitungnya. Untuk menghitungnya, kamu hanya perlu menghafal tangga satuan panjang dan memahami dua hal ketentuan yang berlaku. Ketentuan tersebut yaitu:

  • Apabila letak satuan panjang naik satu tangga, maka nilainya harus dibagi dengan 10.
  • Apabila letak satuan panjang turun satu tangga, maka nilainya dikali dengan 10.

Perlu dicatat bahwa nilai tersebut berlaku kelipatan, jadi apabila turun dua tangga menjadi 100, lalu 1000 untuk tiga tangga dan seterusnya.

Jika sudah mengetahui bagaimana cara menghitung nilai konversi dalam satuan panjang, tentu akan mudah untuk menghitung konversi dari 1 hm sama dengan berapa m.

Melihat dari tangga satuan panjang dari hm menuju m maka harus turun sebanyak 2 tangga, dengan demikian perhitungannya sebagai berikut:

1 hm = 1 x (10 x 10) m

1 hm = 1 x 100 m

1 hm = 100 m

Contoh Perhitungan Lainnya dari Hm ke M

Selain menghitung nilai konversi dari 1 hm berapa m, berikut ini merupakan beberapa contoh perhitungan lainnya yang bisa kamu pelajari.

Baca Juga:  25 gram Berapa mL? Cara Konversi dan Rumusnya

1. Contoh Perhitungan 1

Hasil pengukuran kolam A didapatkan hasil yaitu panjangnya 0,8 hm dan lebarnya 0,4 hm. Dari hasil tersebut ubahlah masing-masing menjadi satuan meter.

Jawab:

  • Panjang kolam: 0,8 hm

0,8 hm = 0,8 x (10 x 10) hm

0,8 hm = 80 m

  • Lebar kolam: 0,4 hm

0,4 hm = 0,4 x (10 x 10) m

0,4 hm = 40 hm

2. Contoh perhitungan 2

Ubahlah hasil pengukuran dari 0,567 hm dalam satuan meter.

Jawab:

0,567 hm = 0,567 x (10 x 10) m

0,567 hm = 5,67 m

Setelah mempelajari materi di atas, kamu tidak hanya mengetahui nilai dari 1 hm berapa m. Namun juga bisa bisa menambah pengetahuan dan wawasan kamu mengenai bagaimana cara untuk menghitung konversi dari satuan panjang dengan cepat dan mudah.