Jawaban 1 Liter Berapa Mili Sesuai Konversinya

Bppkibandung.id – Satuan volume international dikenal menggunakan meter kubik. Namun dalam kehidupan sehari-hari satuan volume yang sering digunakan adalah liter atau mililiter. Baik liter maupun mililiter punya kaitannya erat. Lantas 1 liter berapa mili?

Memahami nilai konversi liter dengan mili memang penting mengingat banyaknya kasus pengukuran volume yang menggunakan satuan liter dan mililiter. Dengan mengetahui nilai liter ke mililiter maka kamu akan lebih mudah mengetahui volume cairan sesuai standar dibandingkan dengan volume non-baku.

Misalnya dikatakan ada air satu gayung dan air 100 ml. Tentu akan lebih mudah membayangkan ukuran air 100 ml dibandingkan dengan air dalam ukuran satu gayung tersebut. Perhitungan konversi nilai liter ke mililiter juga sangat mudah mengingat keduanya masih dalam satu jenis satuan.

Konversi 1 Liter Berapa Mili

Umumnya konversi satuan dilakukan dengan tujuan menyederhanakan satuan tersebut. Misalnya nilai yang cukup besar dikonversi dengan satuan yang kedudukannya lebih besar sehingga angka nilai satuan tersebut terlihat lebih sederhana. Liter dan mili memiliki kedudukan yang berbeda.

Baca Juga:  200 Gram Berapa mL? Cara Menghitung Volume Tercepat

Liter punya kedudukan yang lebih tinggi sehingga nilainya bisa lebih besar dibandingkan dengan mili. Untuk konversi satuan agar lebih sederhana, biasanya dibutuhkan suatu teknik khusus. Dalam hal menghitung konversi 1 liter setara dengan berapa mili, maka bisa menggunakan teknik tangga satuan.

Apa Itu tangga satuan? Tangga satuan merupakan urutan dari kedudukan satuan yang masih satu jenis. Dalam hal ini yang dimaksud adalah liter dan mililiter. Dari pemahaman urutan kedudukan tiap satuan inilah nantinya bisa dilakukan perhitungan terhadap konversi dari liter ke mili atau sebaliknya.

Berikut ini adalah urutan satuan liter dan mili dalam tangga satuan:

  • Kiloliter disimbolkan dengan kl
  • Hektoliter disimbolkan dengan hl
  • Dekaliter simbolnya dal
  • Liter simbolnya l
  • Deciliter biasa disimbolkan dl
  • Centiliter biasa disimbolkan cl
  • Dan di urutan terakhir ada mililiter yang simbolnya ml

Sebagaimana tangga satuan yang sudah diurutkan di atas, sudah bisa dilihat bahwa memang mililiter punya kedudukan jauh di bawah liter. Jadi jika ingin mengonversi liter ke mililiter maka harus turun dulu beberapa langkah.

Baca Juga:  500 Gram Berapa Sendok Makan? Ini Takaran dan Konversinya

Jika dilihat dari tangga satuan tersebut dari liter ke mili harus turun sebanyak 3 tingkat. Sedangkan jika dibalik dari mili ke liter maka konversi yang dilakukan harus naik 3 tingkat.

Teknik Hitung Liter ke Mili

Untuk bisa tahu jawaban 1 liter berapa mili, kamu bisa gunakan teknik perkalian atau pembagian yang disesuaikan dengan naik turunnya satuan dalam tangga satuan di atas. Bilangan target perkalian atau pembagian adalah sama, yaitu 10.

Jadi jika turun 3 langkah maka nilai konversi harus dikali dengan 10 × 10 × 10 atau sederhananya dikali dengan 1000. Maka untuk menghitung 1 liter ada berapa mili adalah:

1 liter = ……mili

= 10 × 10 × 10

= 1000 mili

Maka jawaban yang tepat untuk pertanyaan 1 liter berapa mililiter adalah 1000 mililiter. Perhitungan yang sangat mudah bukan? Kini kamu bisa keadilan contoh soal lain terkait konversi dari liter ke mili atau sebaliknya menggunakan teknik hitung yang sama.