Konversi 1 mL Berapa Gram dan Cara Menghitungnya

Bppkibandung.id – Memahami konsep konversi dari 1 ml berapa gram merupakan yang penting dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari kegiatan industri, laboratorium hingga pengaplikasian resep masakan. Namun memang caranya sedikit lebih rumit dari sekedar memasukkan sebuah angka saja.

Karena bentuk konversi ini dilakukan dengan mengubah satuan volume menjadi satuan massa. Seperti yang sudah diketahui banyak orang, bahwa ml merupakan satuan yang digunakan untuk mengukur zat bersifat cair sedangkan satuan gr digunakan untuk mengukur zat bersifat padat.

Maka dari itu, untuk mengukurnya harus mempertimbangkan kepadatan atau densitas dari masing-masing zat yang akan diukur. Informasi lebih jelasnya mengenai bagaimana cara untuk mengkonversi satuan dari ml ke gram selengkapnya bisa simak artikel berikut ini.

Mengkonversi 1 Ml Berapa Gram

Sebelum melakukan perhitungan untuk mengkonversi satuan dari ml menjadi gram, maka kamu perlu tahu nilai dari kepadatan atau densitas dari bahan yang akan diukur. Karena kedua satuan tersebut yaitu gram dan mililiter memiliki ukuran yang sangat bergantung pada jenis zatnya.

Baca Juga:  250 Gram Tepung Terigu Berapa Sendok Makan? Ini Jawabannya!

Adapun yang dimaksud dengan densitas di sini yaitu massa per unit volume. Nilai dari densitas untuk setiap jenis zat memiliki nilai yang berbeda-beda. Untuk kasus tertentu, seperti pada perhitungan konversi air dari ml menjadi gram, densitasnya adalah 1 gr/ml.

Artinya untuk pengukuran 1 ml air massanya yaitu sekitar 1 gram. Akan tetapi jika kamu mengukur zat yang berbeda maka hasilnya juga akan berbeda menyesuaikan densitasnya.

Cara yang bisa dilakukan untuk menghitung konversi satuan dari ml menjadi gram bisa dengan menggunakan rumus berikut ini:

Melihat rumus di atas, pastikan kamu memiliki informasi nilai densitas zat yang akan diukur terlebih dahulu. Dengan demikian, hasil perhitungan yang didapatkan bisa akurat.

Konversi Bahan-Bahan Dapur dari Ml ke Gram

Sebagai tambahan informasi, berikut ini merupakan beberapa hasil konversi dari 1 ml berapa gram untuk bahan-bahan yang ada di dapur.

1. Air

Mengkonversi pengukuran air bisa dilakukan dengan tidak melakukan apapun. Karena dalam 1 ml air setara dengan 1 gr dalam situasi yang normal. Jadi tidak perlu menghitung atau melakukan konversi menggunakan rumus apapun.

Baca Juga:  6 hm Berapa m? Cara Menghitung dan Konversi Satuan Panjang

2. Susu

Selanjutnya yaitu mengkonversi susu, caranya yaitu cukup kalikan nilai ml dengan 1,03. Pengukuran ini digunakan untuk seluruh produk susu full cream.

3. Mentega

Lalu cara untuk mengkonversi mentega yaitu bisa mengalikan nilai ml dengan 0,911 atau cukup 0,9 saja hasilnya juga sudah cukup akurat.

4. Tepung

Terakhir mengkonversi tepung, yaitu cukup mengalikan nilai ml dengan 0,57. Walaupun ada banyak jenis tepung dengan berbagai merek, namun hampir semuanya memiliki kepadatan yang sama.

Menghitung konversi dari 1 ml berapa gram hasilnya akan berbeda-beda tergantung dari setiap jenis zat yang diukur. Karena untuk menghitung nilai konversi ini dibutuhkan massa jenis dari zat yang akan diukur, dimana nilainya untuk setiap zat tidak sama.