Jawaban 500 mL Berapa Gelas Air dan Cara Hitungnya

Bppkibandung.id – Satuan ml digunakan untuk mengukur takaran zat cair. Selain mengukur menggunakan timbangan atau alat khusus, beberapa orang juga sering menggunakan gelas sebagai pengganti dari timbangan. Namun sebelum menggunakannya, penting bagi kamu untuk mengetahui 500 ml berapa gelas.

Takaran tersebut juga tergantung dari jenis dan ukuran gelas yang digunakan, namun umumnya menggunakan gelas belimbing. Ada banyak hal yang bisa dilakukan dengan informasi tersebut, diantaranya yaitu untuk mengatur kebiasaan minum atau mengaplikasikan resep makanan.

Karena menggunakan gelas sebagai alat takar dinilai lebih praktis dan mudah. Selain itu, juga gelas merupakan alat yang mudah ditemukan dan dimiliki oleh semua orang. Bagi yang ingin menggunakan gelas sebagai alat ukur, simak cara menghitung pada uraian di bawah ini.

500 Ml Berapa Gelas Air?

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa gelas yang digunakan sebagai alat takar yaitu bisa menggunakan gelas belimbing. Dinamakan sebagai gelas belimbing karena desain pada bagian bawahnya memiliki bentuk menyerupai buah belimbing.

Baca Juga:  1 dm Berapa cm? Cara Hitung Konversi dan Contoh Soal Cerita

Gelas ini yang paling sering digunakan oleh masyarakat Indonesia sebagai alat minum sehari-hari.  Kegunaan gelas belimbing sebagai alat takar sering digunakan untuk mengukur bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan kue, seperti terigu, gula pasir, susu, santan dan lainnya.

Gelas belimbing memang tidak memiliki ukuran yang pasti, namun umumnya berada di kisaran 250 ml. Jadi jawaban dari 500 ml berapa gelas air minum bisa dihitung sebagai berikut:

1 gelas belimbing = 250 ml

500 ml = (500/250) gelas

500 ml = 2 gelas

Sehingga bisa disimpulkan bahwa takaran dari 500 ml setara dengan 2 gelas belimbing.

Cara Menggunakan Gelas Belimbing Sebagai Alat Takar

Selain mengetahui takaran 500 ml berapa gelas belimbing. Berikut ini merupakan beberapa perhitungan lainnya yang penting untuk diketahui jika menggunakan gelas belimbing sebagai alat takar.

  • Untuk melakukan pengukuran air putih sebanyak 50 ml, kamu hanya perlu menambahkan air hingga batas garis paling bawah atau sebanyak 1/3 gelas belimbing.
  • Takaran minyak goreng menggunakan gelas belimbing tidak jauh berbeda dengan takaran untuk air. Namun apabila dilihat dari garis batas pada gelas, takaran untuk minyak goreng cenderung lebih tinggi jika dibandingkan dengan air.
  • Dalam takaran 1 gelas belimbing bisa memuat minyak goreng sebanyak 230 ml.
  • Takaran gula pasir sebanyak 30 gr setara dengan 1/3 gelas belimbing. Sedangkan gula pasir sebanyak 100 gr setara dengan setengah gelas belimbing lebih sedikit.
  • Takaran tepung terigu sebanyak 50 gr yaitu sama dengan setengah gelas belimbing. Sedangkan tepung 100 gr sama dengan ukuran satu gelas belimbing yang hampir penuh.
Baca Juga:  1000 mL Berapa Gelas? Cara Menghitung Sesuai Ukuran

Walaupun gelas takar hanya dijadikan sebagai alternatif alat ukur, namun dalam beberapa hal seperti pengaplikasian resep masakan tentu akan sangat bermanfaat. Tidak hanya bisa mengukur 500 ml berapa gelas air minum, namun juga bisa digunakan untuk menakar bahan dengan ukuran lainnya.