1 Ton Berapa Liter? Cara Menghitung dan Rumusnya Lengkap

Bppkibandung.id – Sebelum membahas tentang jawaban 1 Ton berapa Liter? Kamu harus tahu bahwa Ton dan Liter merupakan dua jenis satuan yang berbeda. Ton sendiri merupakan satuan untuk massa, sedangkan Liter adalah satuan yang digunakan untuk mengukur liter.

Karena merupakan dua satuan berbeda maka keduanya ini tidak bisa dikonversi secara langsung. Terdapat rumus yang harus digunakan sehingga dari Ton ke Liter bisa dihitung nilainya. Selain itu hasil perhitungan dari Ton ke Liter juga sangat dipengaruhi oleh massa jenis obyek atau benda yang dihitung.

Misalnya dalam kasus menghitung 1 Ton beras ke Liter dengan 1 Ton air ke Liter, hasilnya kemungkinan akan sangat berbeda karena massa jenis benda yang dihitung tersebut. Untuk itu sangat penting mempelajari dan memahami rumus perhitungan untuk Ton ke Liter ini.

Kunci Rumus 1 Ton Berapa Liter

Sebagaimana yang dijelaskan sebelumnya di atas, antara Ton dan Liter sebenarnya tidak punya keterkaitan karena keduanya adalah dua jenis satuan yang berbeda. Untuk itu dibutuhkan rumus beserta kubci rumus yanh harus dipahami dan dihafalkan.

Baca Juga:  8 km Berapa dm? Cara Hitung dan Konversi Satuan Panjang

Dengan memahami dan menghafalkan kunci rumus ini, kamu akan jauh lebih mudah menghitung hasil nilai 1 Ton sama dengan berapa liter atau soal konversi lain yang berkaitan dengan Ton dan Liter. Ini dia beberapa kunci rumus yang harus dipahami:

  • Massa jenis adalah massa/ volume = kg/ m³
  • 1 Ton setara dengan 1000 kg.
  • 1 m³ sama dengan 1000 dm³.
  • Sedangkan 1 dm³ setara dengan 1 Liter.

Dari kunci rumus di atas bisa dilihat bahwa untuk bisa menentukan massa jenis, maka kamu harus tahu nilai massa dan volume. Sedangkan peran nilai massa jenis ini sangat penting karena tanpa adanya nilai massa jenis, maka nilai Ton ke Liter juga tidak bisa diketahui dengan baik.

Menghitung Nilai 1 Ton ke Liter

Agar tidak lupa, rumus menghitung 1 Ton ke Liter sangat dipengaruhi oleh nilai massa jenis. Dan rumus massa jenis adalah Massa (kg)/ Volume (m³). Sedangkan berdasarkan rumus tersebut, rumus yang bisa digunakan untuk menghitung nilai 1 Ton berapa Liter adalah:

Volume (dalam satuan liter) = massa benda (kg) ÷ massa jenis (kg/m³)

Baca Juga:  150 Gram Tepung Berapa Sendok Makan? Cara Hitung dan Rumus

Jika objek yang dihitung adalah air, maka untuk mencari 1 Ton air berapa liter perhitungan berdasarkan rumus tersebut adalah:

Volume = 1 Ton ÷ 1000 kg/m³

= 1000 kg ÷ 1000 kg/m³

= 1 m³

Sebelumnya sudah disebutkan bahwa 1 m³ setara dengan 1000 dm³. Dari sini nilai baru bisa dikonversi ke satuan liter. Jadi 1 Ton air sama dengan atau senilai dengan 1000 Liter air.

Menghitung 1 Ton berapa Liter memang harus menggunakan rumus yang sesuai dengan ketentuan. Hal ini karena adanya teknik konversi tidak langsung.

Apalagi satuan Ton dan Liter memang tidak dalam satu jenis satuan. Untuk itu kunci rumus harus benar-benar dipahami dan dihafal agar lebih mudah memecahkan soal.