1 Ons Berapa Hg? Cara Hitung dan Tangga Satuan Berat

Bppkibandung.id – Apakah kamu pernah mendengar istilah ons? Tentu saja pernah karena ons merupakan satuan paling umum yang sering digunakan masyarakat Indonesia sehari-hari. Namun, tidak banyak yang tahu jika pada kenyatannya ons tidak ada dalam tangga satuan berat. Jika begitu, 1 ons berapa hg?

Seperti diketahui, hg adalah kepandekan dari hektogram. Dalam tangga satuan berat, posisi hektogram tepat satu tingkat dibawah kilogram (kg). Meskipun jaraknya cukup dekat dengan kilogram, namun istpilah hektogram masih kalah populer dibandingkan dengan kg dan gram (g).

Setidaknya, ada 7 satuan dalam tangga satuan berat. Selain hg, kg dan gram, kamu akan menemukan 4 lainnya seperti dekagram (dag), desigram (dg), centigram (cg) dan terakhir milligram (mg). Semuanya memiliki urutan penting sehingga kamu wajib untuk menghafalkannya agar konversi tidak salah.

Mengenal Tangga Satuan Berat

Untuk mengetahui jawaban dari 1 ons berapa hg, kamu harus terlebih dahulu mengenal tentang tangga satuan berat. Pada praktiknya, tangga satuan berat banyak digunakan sebagai acuan dasar melakukan perhitungan konversi.

Baca Juga:  7 dm Berapa cm? Cara Menghitung dan Contoh Soal Latihan

Penasaran seperti apa penampakan tangga satuan berat? Ini dia daftar satuan dalam tangga satuan berat yang ada di Indonesia!

Kg (Kilogram)

Hg (Hektogram)

Dag (Dekagram)

G (Gram)

Dg (Desigram)

Cg (Centigram)

Mg (Miligram)

Tangga diatas ternyata bukan tangga biasa karena bisa menjadi kunci jawaban utama dalam melakukan konversi. Setidaknya ada 2 aturan dasar yang wajib dipatuhi untuk bisa menggunakan tangga tersebut, diantaranya:

  • Penurunan satu tingkat pada tangga satuan berat nilai konversi x 10
  • Kenaikan satu tingkat pada tangga satuan berat nilai konversi : 10

Sekilas Tentang Satuan Ons

Dari tangga satuan berat di atas, bisa dilihat bahwa nama satuan ons tidak ada dalam daftar. Lantas, bagaimana cara mengonversinya? Sebenarnya, kamu cukup memahami bahwa nilai ons itu berbeda-beda tergantung sistem pengukurannya, metrik atau imperial.

Dalam nilai imperial, 1 ons disebut setara dengan 28,3495.. gram. Atau jika disederhanakan, kamu bisa hanya menggunakan 28,24 gram saja. Sementara di Indonesia yang menggunakan sistem pengukuran metrik, 1 ons disebut setara dengan 100 gram! Dua angka yang berbeda, bukan?

Baca Juga:  400 Gram Berapa Sendok Makan? Cara Konversi dan Contoh Soal

Konversi 1 Ons Berapa Hg

Nah, setelah mengetahui 1 ons itu setara dengan 100 gram, selanjutnya berapakah nilainya dalam hg? Untuk menjawab hal tersebut, kamu bisa menggunakan tangga satuan berat. Dalam tangga satuan berat diketahui bahwa gram ke hg naik 2 tingkat yang berarti konversinya : (10 x 10) atau : 100.

Dengan demikian, kalimat matematikanya menjadi:

1 ons = … hg

100 gram = … hg

= 100 : 100

= 1 hg

Melalui perhitungan tersebut, maka didapatkan hasil dari 1 ons berapa hg adalah 1. Karena nilainya yang sama, maka bisa dipastikan bahwa nilai ons dengan hektogram ‘(hg) itu setara. Sehingga, meskipun ons tidak ada dalam tangga satuan berat, kamu bisa menggunakan hg sebagai acuannya.