1/2 Kg Berapa Ons? Cara Hitung dan Contoh Soal Sejenis

Bppkibandung.id – Salah satu konversi berat yang paling sering digunakan oleh masyarakat Indonesia adalah kilogram (kg) ke ons. Konversi ini biasanya sering sekali dilakukan di pasar-pasar tradisional. Jika membeli 1 kg dirasa terlalu banyak, beberapa orang pun memilih ½ kg. Jadi, 1/2 kg berapa ons?

Jika ditelisik dari tangga satuan berat, kamu mungkin akan kebingungan menyelesaikan konversi kg ke ons. Hal ini disebabkan karena ons ternyata tidak ada di dalam tangga satuan berat. Kalau sudah begini, cara atau trik cepat penyelesaian konversi kg ke ons pun jadi kian banyak dicari.

Menurut kesepakatan, 1 ons dianggap setara nilainya dengan 1 hektogram (hg). Dengan demikian, ons bisa dibilang sebagai kata lain dari hektogram. Dalam tangga satuan berat, posisi hektogram (ons) terletak tepat satu tingkat dibawah kilogram yang menandakan konversinya cukup dikali dengan 10.

Jadi, 1/2 Kg Berapa Ons?

Seperti sudah disebutkan sebelumnya jika 1 ons setara dengan 1 hektogram yang artinya, konversi kg ke ons sama dengan kg ke hg. Dengan demikian, nilainya cukup dikalikan dengan 10 karena mengalami penurunan tangga sebanyak satu kali.

Baca Juga:  5 Gram Berapa mL? Cara Hitung Berdasarkan Densitasnya

Berdasarkan teori tersebut, maka penyelesaian dari soal ½ kg itu berapa ons adalah sebagai berikut:

½ kg = … ons (hg)

= ½ x 10

= 10/2

= 5 ons

Perhitungan di atas menunjukkan bahwa terbukti jika nilai dari ½ kg adalah 5 ons.

Contoh Soal Konversi Kg ke Ons

Setelah tahu nilainya, kamu jadi tidak perlu lagi repot menghitung jika dihadapkan pada contoh-contoh soal yang berhubungan dengan konversi kg ke ons. Berikut ini adalah beberapa contoh soal yang bisa kamu jadikan referensi serta pembelajaran:

Contoh Soal 1

Sakura memiliki total pasokan beras untuk dibagikan sebagai sumbangan sebanyak 500 ons. Jika beras akan dikemas per ½ kilogram, maka berapa bungkus beras yang bisa disumbangkan oleh Sakura?

Pembahasan

Karena 1/2 kg berapa ons sudah terjawab, maka penyelesaian soal ini hanya:

500 ons : 5 ons (1/2 kg) = 100 bungkus.

Jadi, dari total 500 ons beras persediaannya, Sakura bisa menghasilkan 100 bungkus beras berisi ½ kg untuk disumbangkan.

Contoh Soal 2

Jika harga ½ kg gula adalah Rp9.000, berapakah harga 35 ons gula?

Baca Juga:  10 mL Berapa cc dan Sendok Makan? Ini Cara Konversinya

Pembahasan:

Diketahui jika ½ kg setara dengan 5 ons. Jadi, harga gula per 5 ons adalah Rp9.000. Dengan begitu, harga 35 ons gula bisa diketahui dengan perkalian silang berikut ini:

5 ons -> Rp9.000

35 ons -> y

 

 

5y = 35 x  9.000

 

 

y = 7 x 9.000

y = 63.000

Dari perhitungan di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa harga dari 35 ons gila adalah Rp63.000.

Dengan demikian, pertanyaan 1/2 kg berapa ons hanyalah sebuah dasar. Dalam aplikasi soalnya, pertanyaan ini pun masih bisa dikembangkan denga luas oleh berbagai model soal yang berbeda. Namun, hafal luar kepala tentang nilai ½ kg itu berapa ons bisa mempersingkat waktu pengerjaan.